Book Review : 57 Detik oleh Ken Terate

7991983

RATING : ★★★★★

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2009
Harga : Rp. –
Jumlah halaman : 232 halaman
ISBN : 978 – 979 – 22 – 4632 – 2

AYOMI
Kami baru saja akan meletakkan pantat kami ke bangku ketika lamat-lamat kudengar orang-orang berteriak.
“Tsunamiiiiiiiii!”
Hah! Kami semua berpandangan. Bulu kudukku meremang.

AJI
“Memangnya ada tsunami ?” gue mendengar seseorang berkata. Gue membeku. Tengkuk gue dingin mendadak. Jadi gue jauh-jauh ke sini, hanya untuk menyerahkan diri di gulung tsunami. Oh, Tuhan.

NISA
GEMPA ! GEMPA !
Seketika itu juga aku sadar, bumi tempatku berpijak bergoyang kuat sekali. Semuanya terguncang tak terkendali. Sungguh aku ingin lari, tapi sulit sekali. Satu sentakan mendorongku keluar hingga aku jatuh tersungkur. Dalam hitungan detik, rumahku sudah tidak ada lagi..

 *****

Dari ucapan terima kasih yang dituliskan oleh penulis, dapat ditangkap penulisan buku ini sembari mengenang gempa Jogja 2006. Dan seperti kalimat pembukanya : untuk remaja korban bencana dimana saja. Kamu tidak sendiri.

Buku ini bercerita tentang 3 remaja ; Ayomi, Aji dan Nisa. Ayomi dan Nisa memang tinggal di Jogja sementara Aji adalah mahasiswa kedokteran di Jakarta yang ceritanya lagi ‘liburan’ di Jogja. Sial bagi mereka, gempa melanda kota itu. Sesuai judul bukunya -57 detik- ,gempa itu sebenarnya hanya terjadi 57 detik. Hanya sebentar bahkan semenit pun tidak sampai. Tapi seluruh kota porak-poranda, berjatuhan banyak sekali korban jiwa, dan bahkan banyak yang hidupnya berubah termasuk Ayomi, Aji dan Nisa.

Warna cover-nya menarik. Menggunakan POV 3 dan alur maju yang stabil. Aku suka karakter-karakter yang ada di dalam buku ini. Karakter Aji adalah favoritku, seru sekali melihat dari awal konfliknya. Jadi Aji ini adalah mahasiswa kedokteran cuma belakangan dia jenuh dan gak pengen lagi di jurusannya ini. Tapi gempa di Jogja memaksa dia untuk jadi relawan di rumah sakit, dan dia akhirnya sadar sebenarnya dia suka dengan bidang kedokteran 🙂

Buku ini bisa aku bilang lengkap konfliknya. Ada tentang persahabatan, keluarga, diri sendiri dan ada terselip romance juga. Belum lagi beberapa gambar serta berita soal gempa 2006 yang diambil oleh wartawan ikut dimuat di dalam buku ini.

tiaraorlanda ♣

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s