Book Review : Jurnal Jo oleh Ken Terate

3006585

RATING : ★★★★☆

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2008
Harga : Rp. –
Jumlah halaman : 240 halaman
ISBN : 978 – 979 – 22 – 3459 – 6

Menurut aku, buku ini adalah salah satu aset terbaik di genre teenlit. Karena ceritanya sangat cocok di sasaran teenager.

Aku suka dengan cover buku ini. Sangat simpel dengan warna yang soft. Di depannya juga menggambarkan anak perempuan yang main ayunan gitu. Kesan childish buku ini dapet. Menggunakan POV 3 dan alur maju.

Jurnal Jo adalah buku yang menceritakan tentang Jo Wilisgiri yang baru saja lulus SD dan akan masuk SMP. Transformasi inilah yang dibahas di dalam buku ini. Dia dan sahabatnya, -Sally- mulai berubah. Tidak lagi ikut lomba 17-an, mulai pakai deodorant, cologne, gebet cowok, harus pakai miniset, genk-genk an dan hal-hal yang baru dan agak menjijikkan bagi Jo.

Aku suka sekali bagian saat-saat Jo ada di klub bacanya itu. Tukaran buku, saling review buku yang udah dibaca. Seandainya klub baca di sekolah dipopulerkan kembali. Pasti akan sangat menarik.

Lalu saat Jo dan Rajiv -temannya di karang taruna-, saat bakti sosial, mereka mengutip sumbangan-sumbangan dari oranglain untuk diberikan kepada yang tidak mampu. Seru sekali. Bisa belajar ‘sesuatu’ dari sini.

Jurnal Jo memuat hal-hal yang mungkin sering dilupakan. Anak SD yang akan masuk SMP juga termasuk remaja kan dan mungkin saja mereka juga mengalami kebingungan sama seperti Jo tentang apa yang harus atau boleh dilakukan dengan yang jangan dilakukan.

Buku ini ringan dan fun. Benar-benar fun. Karena apa yang ada di dalam buku ini, adalah masa-masa yang pasti udah pernah kalian lewatin ! Berasa kayak nostalgia loh hehe

tiaraorlanda ♣

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s