EKC Ngeblog Week 1 : The Unique Titles

logoekcnaaa

Hola Bookish !

Mulai minggu ini komunitas Estikinatic akan mengadakan kegiatan membahas seputaran buku dengan tema tertentu yang ditentukan oleh tiap anggotanya secara bergiliran. Minggu ini adalah giliranku menentukan tema dan aku memilih The Unique Titles. Yaitu buku-buku yang memiliki judul yang unik. So, without further ado, let’s move to the list :

bintang-bunting

Bintang Bunting oleh Valiant Budi (Vabyo)

Sejak membaca Joker yang ditulis oleh Vabyo aku langsung menobatkan diriku menjadi pecinta garis keras fiksi yang ditulis olehnya. Demikian halnya saat aku memutuskan membeli buku ini, rasa ingin tahuku sudah sangat tergelitik. Bintang Bunting… Apakah Bintang adalah nama tokohnya ? Dan dia bunting ? Well, jujur saja aku berpikir, “judul buku macam apa ini ? frontal sekali menggunakan kata ‘bunting’..”

Dan saat buku ini sudah datang, ya aku salah. Jelas Bintang bukanlah nama sang tokoh. Tapi merupakan obyek utama di buku ini. Jadi buku ini menceritakan tentang suatu teka-teki yang akhirnya berhasil dipecahkan karena si tokoh menyadari bahwa bintang yang digambar sebagai petunjuk itu berbeda. Terlihat menggembung di satu sisi. Ya, seperti bunting. Menarik, kan.


alexitimia

Alexitimia oleh Koes Pratomo Wongsoyudo

Aku pertama melihat buku ini aku langsung merasa judulnya ‘menempel’ di mataku karena terdengar asing. Belum pernah aku dengar sama sekali. Setelah membaca sinopsisnya dan melihat komentar Pandji Pragiwaksono di belakang buku ini, aku menyimpulkan kalo Alexitimia ini adalah nama penyakit.

Setelah aku membaca buku ini, ternyata inilah arti dari kata Alexitimia (seperti yang aku kutip dari halaman kata pengantar). Alexitimia berasal dari kata A berarti ‘tidak’, Lexi berarti ‘kata-kata’ dan Thymos berarti ’emosi’. Jadi Alexitimia adalah ketidakmampuan mengungkapkan emosi melalui kata-kata. Orang dengan Alexitimia kadang bisa menangis meraung-raung hingga tertidur tanpa bisa menjelaskan kenapa. Dan kadang malah bisa diam saja saat semua orang menangis. Secara sederhana, Alexitimia adalah kondisi dimana perasaan dan ingatan mengalami korsleting.


Sekian beberapa buku dengan judul yang unik versiku. Bagaimana dengan kalian ? Feel free to share your opinion or even your own UNIQUE TITLES di kolom comment. I’ll be glad to check them out. See You In The Next Week, Bookish !

 ♣ tiaraorlanda ♣

6 thoughts on “EKC Ngeblog Week 1 : The Unique Titles

Leave a Reply

