Book Review : Truth or Dare oleh Winna Efendi & Yoana Dianika

image

RATING : ★★★★☆

Penerbit : GagasMedia
Tahun terbit : 2012
Harga : Rp 48.000
Jumlah halaman : 304 halaman
ISBN : 979 – 780 – 566 – 2

Buku ini ditulis oleh Winna Efendi yang adalah salah satu penulis favoritku, dan Yoana Dianika, yang mana buku ini adalah pertama kali aku membaca karyanya.


First Sight :
Kovernya bagus sekali. Aku suka banget warna biru, jadi kover buku ini tentu menarik sekali untukku. Ada gambar laut dan mercusuar disana, dimana gambar ini berhubungan sekali dengan isi ceritanya. Dan yah, buku ini terdiri dari 1 cerita yang utuh.


Stories :

  • Alice : Cerita ini ditulis oleh Winna Efendi. Tentang seorang anak bernama Alice (Al) yang bersahabat dengan Catherine. Mereka berdua memiliki permainan favorit yaitu Truth or Dare. Aku rasa inilah alasan kenapa Truth or Dare menjadi judul dari buku ini. Suatu hari Julian -seorang murid baru dari Indonesia- masuk ke kelas mereka dan bergabung dengan mereka dalam project kelompok tugas Sejarah yang baru diberikan guru mereka berdua. Lantas ketiganya mulai bersahabat akrab. Tetapi ada satu masalah yang akhirnya membuat ketiganya tak lagi saling bicara.
  • Catherine : Ditulis oleh Yoana Dianika dan ditulis dengan sudut pandang Catherine (Cat). Aku disini sangat bisa merasakan kesedihan Cath saat kembali ke Belfast -setelah sempat pindah ke Irving-, aku bahkan nangis.

Apa yang sebenarnya membuat ketiga sahabat ini tak lagi saling bicara ? Apa yang terjadi di Belfast saat Cat pindah ke Irving ? Temukan kisahnya di Truth or Dare ya !


I Love From “Truth or Dare” :
Dari part Alice yang ditulis oleh Winna Efendi, aku sangat menyukai cara Winna membangun karakter Alice dan Cat. Karakter kedua tokoh juga tetap konsisten baik dari part Alice maupun part Catherine yang ditulis oleh Yoana Dianika. Aku suka cerita di bagian Julian, Cat dan Alice mengerjakan tugas kelompok Sejarah berupa film dokumenter. Menarik. Menurutku Yoana dapat mengimbangi Winna untuk menggambarkan karakter Cat walaupun memang sebagian besar sudah sangat jelas di part Winna. Aku sedih asli pas bagian Cat bergumam: “Al, Truth or Dare ?”


I Hate From “Truth or Dare :
Menurutku penggambaran tokoh Julian tidak konsisten. Diawal ia digambarkan sebagai anak baik, supel, menyenangkan, dsb. Tetapi ditengah cerita, dia melakukan hal yang seperti bukan karakternya. Terlalu random. Lalu part Yoana yang sebenarnya hanya mengulang part Winna, karena tidak ada hal krusial baru yang aku temukan disana.


Quotes :

The thing is , everything and everyone is a part of history (Hal 5)

Banyak hal yang dapat berubah dalam hitungan waktu. Perubahan adalah satu-satunya hal yang pasti di dunia ini. Dan hanya ada dua pilihan yang tersisa bagi orang-orang yang ditinggalkan : terseret maju oleh perubahan lalu ikut berubah, atau tetap bertahan dalam arus perubahan (Hal 131)

Hitung yang sudah kau punya, jangan menghitung yang tidak kau punya. Dengan begitu kau akan lebih berhati-hati dalam bertindak (Hal 290)

tiaraorlanda ♣

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s