Book Review : Meter/Second oleh Debbie Widjaja & Kent Sutjipto

Started : 29 Agustus 2015 – Finished : 31 Agustus 2015

18778855

RATING : ★★★☆☆

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2013
Harga : – (Book Swap sama Kak Indri)
Jumlah halaman : 344 halaman
ISBN : 978 – 979 – 22 – 9254 – 1

Aku dapat buku ini saat book swap sama Kak Indri. Jujur aja, aku gak punya ekspektasi apa-apa untuk buku ini. Cuma aku udah lama gak baca Teenlit jadi buku ini aku jadikan sarana ‘reuni’ ku. Sebelumnya aku belum pernah baca satupun karya Kent Sutjipto, tapi aku udah pernah baca karya Debbie di buku Honey Money. Suprisingly, buku ini bisa bikin aku penasaran pengen baca terus.


First Sight :
Sebelum aku dapat buku ini, aku udah beberapa kali liat buku ini di toko buku. Judul buku ini earcatching, jadi bikin penasaran sama isi bukunya. Tapi aku masih kurang ngerti sih kenapa dikasih judul Meter/Second *maafkan kelemotanku*. Buku ini terdiri dari 2 cerita, dengan sudut pandang tokoh berbeda. Yang unik adalah, cerita di buku ini dibagi menjadi 2 bagian, dan yang 1 letaknya dibuat terbalik. Jadi kita baca cerita pertama itu dari kover depan, dan cerita kedua dibaca dari mulai kover belakang. Lalu, kalo di kover biasanya ditulis a novel by, karena mereka 1 novel dibagi 2 cerita jadi ditulisnya a 1/2 novel by hehe. Lucu sih menurutku. Aku juga suka dengan kedua tagline di buku ini.


Stories :

  • Meter yang ditulis oleh Debbie Widjaja menceritakan dari sudut pandang tokoh Filia Graciel. Diceritakan Filia memiliki seorang sahabat bernama Rhea. Suatu hari seorang guru baru masuk ke sekolah mereka dan sangat kebetulan dia adalah Jason (Jae Sung), sahabat semasa kecil Filia, sekaligus cinta pertamanya. Dan malangnya, ternyata Rhea naksir sama Jason (Jae Sung) tanpa tau kalo Jason (Jae Sung) sebenarnya sebelumnya sudah mengenal Filia. Filia yang desperate akhirnya terus menerus curhat dengan sahabatnya yang berada di luar negeri, Austin. Ya walaupun Austin terus menerus meledeknya, setidaknya Filia sedikit lebih lega kalo abis curhat.
  • Second yang ditulis oleh Kent Sutjipto menceritakan dari sudut pandang tokoh Austin. Disini Austin diceritakan sebagai cowok yang kuliah di luar negeri, tepatnya di Seatlle. Dia tinggal serumah dengan Gilbert, yang masih terus berusaha setiap hari untuk mendapatkan cinta Rissa. Austin memiliki pacar yang dipanggil Bebeth dan mereka LDR karena Bebeth di Indonesia. Austin memiliki teman-teman yang 1 tim bola di kampus, dan sejak bergaul dengan merekalah Austin sedikit berusaha berubah agar lebih diterima. Dia mencoba merokok, bahkan sempat kepincut sama cewek lain.

Apa yang akan terjadi dengan Filia, Jason dan Rhea ? Bagaimanakah cara Austin untuk lebih dapat ‘diterima’ sekaligus tetap menjaga hubungannya dengan Bebeth ? Temukan jawabannya dalam Meter/Second !


I Love From “Meter/Second” :
Sangat mengejutkan aku bisa membaca buku ini tanpa merasa bosan, dan penasaran dengan ending-nya. Khususnya untuk bagian cerita Meter yang dituliskan oleh Debbie. Ceritanya diluar dugaannyaku. Aku berpikir ceritanya akan mudah ditebak ternyata aku salah. Baik dalam cerita Meter ataupun Second ada pesan yang dititipkan yang menurutku masih cocok untuk remaja meskipun pesannya seputar percintaan.


I Hate From “Meter/Second” :
Untuk cerita Meter tidak ada yang tidak aku sukai. Tapi berbeda dengan Second, sebenarnya aku merasa ceritanya terlalu dewasa untuk hitungan Teenlit yang mana targetnya adalah anak remaja. Aku juga agak sedikit kecewa *catat ya, hanya sedikit hehe* karena sebenarnya ending cerita buku ini bisa kurang menarik. Interaksi bersamaan kedua tokoh ini (Filia dan Austin) hanya terlihat dari chat BBM-an mereka dan saat Filia baru sampai di Seattle dan Austin menjemputnya. Tapi ya kalo diperpanjang juga mungkin buku ini akan jadi ngalur-ngidul ya hehe


Quotes :

If he’s stupid enough to walk away , I have to be smart enough to let him go (hal 121)

Orang berubah. Musim berganti. Perasaan berubah (hal 150)

Good decision comes from experience. And experience comes from bad decision (hal 163)

tiaraorlanda ♣

Leave a Reply

