Book Review : Ilusi Imperia oleh Akmal Nasery Basral

Started : 19 September 2015 – Finished : 21 September 2015
20582097

RATING : ★★★★☆

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2014
Harga : – (birthday present from bestfriend, Milca)
Jumlah halaman : 384 halaman
ISBN : 978 – 602 – 0176 – 1

Aku mulai tertarik buat baca buku ini justru dari mulai aku ngeliat buku keduanya ; Rahasia Impera di website Gramedia. Karena aku tau Rahasia Impera adalah buku kedua, maka aku harus baca buku pertamanya dulu yaitu Ilusi Imperia ini. Tapi wishlist tinggallah wishlist, tiap ada duit jajan buat

buku, ujung-ujungnya selalu jadinya beli buku yang lain *huehehe*. Berhubung Juli lalu aku ulangtahun, sahabatku Milca ngasi buku ini (dan buku Bumi by Tere Liye) dalam rangka lately birthday present ! Ternyata doi ngepoin blogku ini buat tau buku apa yang jadi wishlist-ku haha jadiiii, mulai sekarang aku akan meng-update page wishlist di blog ini secara berkala, siapa tau ada lagi yang mau ngasi lately birthday  present ? atau biar pas Milca pas gajian bisa kirimin buku lagi ? #ehngelunjak


First Sight :
Aku suka dengan kover buku ini, keliatan matang (dikira masakan), gak terlalu banyak pritilan-printilannya, jadi simpel. Font dan gambarnya gak gengges haha. Gambarnya juga sesuai sama isi bukunya. Dan ini adalah pertama kalinya aku baca buku karya Akmal Nasery Basral.


Stories :
Buku ini menceritakan tentang Wikan Larasati, yang baru saja diterima menjadi seorang reporter di majalah Dimensi. Hari pertamanya bekerja, Wikan ditugaskan untuk meliput peluncuran album perdana seorang penyanyi Melanie Capricia, yang populer dipanggil MC. Tak disangka, setelah konfrensi pers MC memberikan wawancara ekstra karena Wikan menanyakan tentang kover albumnya, yang mana menurut MC tidak diperhatikan oleh reporter lainnya. Wawancara itu merubah stereotype Wikan terhadap MC, yang awalnya dikiranya tidak tahu apa-apa, dsb. Sayangnya hasil wawancara tidak bisa memberikan banyak manfaat untuk diberikan pada atasan Wikan, karena sejak awal, MC meminta wawancara kali ini bersifat off the record (tidak direkam).

Secara kebetulan, berselang 1 hari setelah wawancara itu berita soal kematian Rangga Tohjaya, seorang pengacara ternama yang melejit karirnya sejak berhasil menyelesaikan kasus MC yang dituduh menjiplak karya oranglain, yang diduga merupakan kasus pembunuhan. Melihat nama MC sempat tersebut dalam berita di koran itu, Wikan bersemangat meliput beritanya ke TKP. Tanpa disangka, peliputan awal itu membawa Wikan semakin dalam dengan kasus tersebut. Bahkan lama-kelamaan mulai mencurigai hubungan MC dengan kasus ini.

Benarkah MC terlibat dalam kasus ini ? Temukan jawabannya dalam Ilusi Imperia !


Karakter :

  • Wikan Larasati : reporter yang keren banget, soalnya dia punya kemampuan telepati (berkomunikasi secara nonverbal jarak jauh), psikokinesis (kemampuan memanipulasi sebuah objek fisik hanya dengan pikiran semata-mata) , prekognisi (mengetahui hal yang akan terjadi di masa depan) dan clairvoyance (kemampuan untuk melihat benda atau kejadian yang tidak tampak langsung). Sayangnya karakternya kurang kritis menurutku. Kebanyakan kalemnya hehe
  • Melanie Capricia : hal yang paling melekat menurutku tentang karakter MC ini adalah genit dan agresif. Soalnya dia bisa ganjen ke semua laki-laki ya haha. Tapi entah kenapa dia suka menunjukkan karakter yang bukan dia, di depan masyarakat. Padahal dia termasuk pinter, ngerti banyak hal, dsb.
  • Adelia Sukmono : Adel ini adalah asisten MC, bukan sekedar asisten tapi dia juga sahabat MC sejak masih SMP. Aku gak menemukan sesuatu istimewa pada Adel untuk aku tuliskan, soalnya takut spoiler :p
  • Rendra : suami dari MC. Yang aku gak suka dari Rendra adalah dia  lemah sekali, MC melakukan hal-hal dibelakangnya tapi dia diam saja. Kebanyakan pasrah ini orang *kzl

I Love From “Ilusi Imperia” :
Aku lagi suka-sukanya sama genre thriller, jadi buku ini pastinya menyenangkanku *haduh bahasanya* haha, karakternya banyak jadi aku nyimak banget sama tokoh-tokohnya, aku takut melewatkan clue-clue kecil yang mungkin diselipin gitu. Konfliknya juga banyak. Kebukanya pelan-pelan. Jadi dikira udah beres, taunya ada lagi konfliknya. Walaupun di tengah buku, aku agak bisa menebak pelaku pembunuhan Rangga (yang ternyata benar) tapi tidak mengurangi serunya baca buku ini.

Buku ini juga berisi hal-hal yang baru aku tau, contohnya soal ESP (extra sensory perception) yang dimiliki Wikan, sebelumnya aku cuma tau soal telepati aja, aku baru tau kalo ada lagi yang namanya psikokinesis, prekognisi dan clairvoyance. Terus soal membaca rasi bintang yang diajarkan Rendra ke MC pas mereka nge-date gitu. Rumit sih, dan sejujurnya ada beberapa yang aku skip bacanya, tapi bikin jadi tau aja. Oiya sama ada penjelasan jenis-jenis alien gitu loh haha :p

Buku ini lumayan bisa bikin aku penasaran, mengingat aku adalah orang yang siput banget kalo udah baca buku tebal, pas baca Ilusi Imperia, aku baca sampe halaman 80 di tanggal 19 dan sisanya aku baca dari tanggal 20 tengah malam, sampe 21 subuh. Termasuk cepat untuk ukuran aku sih haha


I Hate From “Ilusi Imperia” :
Kemampuan ESP (Extra Sensory Perception) Wikan kurang dipergunakan di dalam cerita, padahal kan itu keren yah, jadi kurang ngerti kenapa kemampuan ini diceritakan kalo kurang digunakan juga. Lalu dibuku ini banyak sekali penjelasan untuk satu situasi. Penjelasannya bisa 2 halaman, jadi agak sedikit bosan dan di skip baca aja untuk penjelasannya.


Quotes :

Impian bukanlah kondisi hati yang terbebas dari ketakutan, karena mimpi dan rasa was-was merupakan dua sisi mata uang. Kembar identik, yang satu memperkuat yang lain (hal 178)

Kegagalan adalah biaya yang harus kita bayar untuk mengerti kehidupan (hal 270)

Latih dirimu untuk selalu yakin pada apa pun yang kau kerjakan, dan kerjakanlah sepenuh hati. Kalau kau sudah melakukan ini, kesuksesan dan kegagalan adalah konsekuensi yang tak akan membahayakan kestabilan jiwamu. (hal 270)

Nasib juga harus dipandang rasional (hal 305)


tiaraorlanda ♣

Leave a Reply

