EKC Ngeblog Week 13 : Favorite Conflict

logoekcnaaa

Hola Bookish ! Ketemu lagi di EKC Ngeblog yang udah memasuki Week ke 13. Whoaaa gak berasa udah lama juga ya, apalagi sekarang deadline posting udah diperpanjang jadi dua minggu per tema dikarenakan kesibukan anggotanya (cieee yang sibuk haha)

Tema week 13 ini ditentukan oleh LIANI dan tema yang dia pilih adalah Favorite Conflict. Konflik menurutku adalah faktor penentu buku tersebut menarik untuk dibaca atau tidak. Seringkali aku stuck membaca suatu cerita karena konfliknya yang kurang menarik, atau konfliknya yang terlalu beragam sehingga menyebabkan pembaca tidak fokus, dsb. Eksekusi konflik yang baik juga menjadi penting karena nantinya akan menjadikan klimaks suatu cerita.

Menurut www.kompasiana.com konflik terbagi menjadi konflik internal dan konflik eksternal.

  • Konflik Internal disebut juga dengan konflik  kejiwaan.  Konflik  ini  merupakan  konflik  yang  terjadi  karena pertentangan hati atau jiwa seseorang tokoh dengan tokoh lain. Konflik batin ini juga bisa terjadi dalam diri seorang tokoh itu sendiri
  • Konflik Eksternal adalah konflik yang terjadi antara tokoh yg satu dengan lain dengan orang diluar tokoh utama

Sebagai pembaca aku juga memiliki Konflik Favorit. Konflik favoritku adalah konflik dalam keluarga, menurutku sangat menyentuh. Buku-buku dibawah ini memuat konflik tersebut. So, without further ado, let’s move to the list :

14289931

Percaya oleh Diego Christian

Awalnya dari sinopsis kover belakangnya, aku mengira Percaya yang diterbitkan oleh GagasMedia ini adalah buku yang bercerita tentang cinta-cintaan anak remaja seperti pada umumnya. Ternyata aku salah. Buku ini bercerita tentang drama keluarga. Tintan, tokoh utamanya digambarkan sebagai anak yang sejak kecil hidup berdua hanya dengan ayahnya karena ibunya telah meninggal dunia. Sayangnya hubungan keduanya dingin. Dengan dorongan tantenya, akhirnya Tintan berusaha memperbaiki hubungan mereka berdua. Buku ini memiliki sangaaaattt banyak pesan moralnya.


18008284

The Way We Were oleh Sky Nakayama

Buku ini menceritakan tentang Laut yang memiliki masalah dengan ibunya. Ibunya kerap tidak menganggapnya ada, dan sikapnya ini  berbeda dengan sikap yang ditunjukkan ibunya terhadap kedua kakaknya. Hal inilah yang menjadikan Laut tidak merasa nyaman dirumahnya sendiri dan memilih untuk tinggal sendiri. The Sky We Were sebenarnya memuat konflik keluarga yang aku sukai. Tapi sayang detail buku ini banyak yang ‘miss’ di beberapa bagian. Sayang sekali sehingga aku terpaksa memberikan rating kurang baik untuk buku ini.


13632491

Memori oleh Windry Ramadhina

Memori bercerita tentang Mahoni, seorang arsitek yang bekerja diluar negeri. Jauh dari rumahnya, dengan maksud agar dia dapat menenangkan pikiran dan agar dia tidak perlu melihat ayahnya dengan Grace. Hari itu sebuah telepon dari om Ranu mengabarkan berita duka sehingga Mahoni memutuskan untuk pulang ke Indonesia. Awalnya Mahoni berencana untuk tinggal sebentar saja di Indonesia, tapi om Ranu meminta Mahoni untuk menjaga Sigi (anak ayahnya dan Grace). Memori ini memperlihatkan dengan jelas bahwa dibalik bencinya sebenarnya ada rasa rindu dan sedikit menyesal didalam hati Mahoni, karena tidak menghabiskan lebih banyak waktu dengan ayahnya. Buku ini juga membuat aku mengerti banyak tentang dunia arsitektur dan pembahasannya tentang kayu juga membuat cerita drama keluarga ini terasa lebih hangat.


Sekian beberapa buku dengan konflik favorit versiku. Bagaimana dengan kalian ? Feel free to share your opinion or even your own FAVORITE CONFLICT di kolom comment. I’ll be glad to check them out. See You In The Next Week, Bookish !

tiaraorlanda ♣

Advertisements

2 thoughts on “EKC Ngeblog Week 13 : Favorite Conflict

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s