BOOKISH TAG : Menulis Review Buku ala Bookish Story

ABM_1453944990

Hai Bookish, ketemu lagi di Bookish Tag *dadah-dadah gemes*

Sebagai pembaca tentu sebagian diantara kalian ada yang suka menuliskan review buku yang telah dibacanya. Aku selain pembaca, setelah resmi jadi blogger buku (*shedap *sumpah demi bangga banget nyebut blogger bukunya), juga jadi lebih sering nulis review buku yang udah aku baca. Jadi tiap abis baca pasti aku langsung review bukunya di blogku.

Berikut adalah step-step menulis review ala Tier di Bookish Story :

  • Aku selalu bikin beberapa paper clip di satu tempat dan selalu ada di dekat aku tiap aku baca. Ini yang aku pake adalah bekas tempat bedak. (bedak untuk gatal-gatal karena biang keringat lebih tepatnya, haha). Paper Clipnya aku beli di Gramedia harganya Rp 5000 (kalo gak salah). Emang kebetulan aku jarang bawa dan baca buku diluar rumah sih, tapi aku antisipasi aja seandainya aku besok-besok mau pergi sambil bawa buku, makanya aku nempatin paper clip ini di satu tempat yang mudah dibawa.
  • DSC00523Paper clip tadi aku pake tiap aku nemuin kalimat-kalimat yang aku suka. Karena pas nulis review, aku suka bikin part khusus untuk Quotes, dan belakangan aku suka nyelipin potongan kalimat yang diucapkan tokoh di bagian Stories. Tadinya aku suka ngelipat ujung kertas, tapi aku kalo ngelipat suka sadis. Kertasnya sih bisa balik lurus, tapi bekas lipatannya gak bisa ilang huhu. Jadi beralih ke cara ini.

TITLE

  • Aku selalu bikin judul postingan dengan format Book Review #(nomor urutan) untuk menunjukkan berapa buku yang sudah aku tuliskan reviewnya dalam blog ini lalu judul buku dan nama penulis.
  • Aku pertama membuat tanggal aku mulai membaca dan menyelesaikan buku tersebut, dilanjutkan dengan membuat gambar cover buku yang sedang aku review (biasa aku ambil di Goodreads, karena resolusi gambar besar dan gak pecah), lalu dilanjutkan lagi dengan informasi buku seperti Penerbit, Tahun Terbit, Harga, Jumlah Halaman, dan ISBN.
  • Reviewku terdiri dari 6 bagian. Bagian pertama adalah kata-kata singkatku tentang penulisnya, bukunya atau darimana buku tersebut aku dapatkan, dll. Bagian kedua adalah First Sight, yang memuat bagaimana pendapatku tentang cover buku baik dari gambar, warna, ataupun fontnya. Bagian Ketiga adalah Stories yang memuat ringkasan cerita buku tersebut yang bebas spoiler tentunya. Bagian Keempat adalah What I Love yang memuat apa aja yang aku sukai dari buku tersebut. Bagian Kelima adalah What I Hate yang memuat apa aja yang tidak aku sukai dari buku tersebut. Bagian Terakhir adalah Quotes yang memuat kutipan-kutipan yang aku suka dari buku tersebut.
  • Setelah membaca, aku langsung menuliskan review di blogku. Kalo aku belum ada waktu untuk menuliskan review, aku gak akan baca buku baru dulu. Karena aku gampang BANGET lupa sama cerita di buku. Aku pernah gak langsung nulis review, dan lanjut baca buku lain. Pas aku ada waktu mau bikin review, aku udah lupa sama sebagian ceritanya dan ujung-ujungnya harus re-read sedikit lagi *hufh

Ini adalah caraku menulis review di Bookish Story, bagaimana dengan cara kalian membuat review ?Β Sampai ketemu lagi di Bookish Tag selanjutnya !

♣ tiaraorlanda ♣

2 thoughts on “BOOKISH TAG : Menulis Review Buku ala Bookish Story

Leave a Reply

