Book Review : I For You oleh Orizuka

Started : 02 November 2015 – Finished : 03 Oktober 2015

13541019

RATING : ★★★★★

Penerbit : GagasMedia
Tahun terbit : 2012
Harga : – (Ebook gratis dari GagasMedia di #GPU12)
Jumlah halaman : 380 halaman
ISBN : 979 – 780 – 554 – 9

Ini kali kedua aku membaca Ebook. Entah kenapa, aku biasanya susah sekali baca ebook. Lebih gampang bosen dan biasanya jadi stuck. Selalu gitu. Tapi kali ini enggak. Buku ini bisa dengan cepat selesai aku baca. Orizuka bukan penulis baru untukku, dan sejauh yang aku baca, karyanya tidak

pernah mengecewakan.


First Sight :
Aku suka dengan kovernya. Gambar bintang-bintangnya pas sekali, karena memang nanti akan banyak dibahas di dalam buku. Tulisan judul dan tagline berada di tempat yang pas, dengan warna yang kontras juga sehingga tidak akan menghilangkan fokus pembaca.


Stories :

“Tapi, gue tertarik dengan bintang.” Mata Cessa mendadak berbinar. “Saking sukanya, ayah bikin langit-langit kamar gue berbintang.”
“Kenapa?” Surya tiba-tiba ingin tahu.
“Ayah pernah bilang, gue salah satu dari bintang-bintang itu,” kata Cessa. “Katanya, gue adalah bintang yang paling terang  di antara seluruh bintang di atas sana.”
Surya mendengus, “seharusnya lo jangan mau disebut bintang paling terang. Bintang paling terang itu paling cepat mati.”

Benjamin Andrews dan Princessa Setiawan, akrab dipanggil Benji dan Cessa, adalah pasangan fenomenal yang dianggap bagai pangeran dan putri di SMA Pelita Kita. Benji dan Cessa tampan dan cantik, kaya raya, selalu bersama-sama, sehingga semakin tak tersentuh oleh teman-temannya yang lain.

Hari itu semuanya berubah. Dimulai saat Cessa menempati tempat duduk disebelah Surya, dan dengan terus terang Cessa menyebut Surya miskin, yang membuat Surya tersinggung dan membenci Cessa. Surya sendiri memang adalah anak yang kurang mampu, tapi dia adalah seorang murid yang berprestasi yang ditunjukkan dengan beasiswa yang ia terima.

Pembagian kelompok di pelajaran Biologi, lagi lagi tidak seperti biasanya. Guru memutuskan Surya dan Cessa akan berada dalam satu kelompok. Mulai hari itulah, mereka berdua semakin akrab karena sering mengobrol dan sering ke perpustakaan bersama-sama. Dari pembicaraan mereka itulah Surya mulai tau bahwa Cessa hanyalah seorang anak perempuan yang polos dan terlalu berterus terang saat berbicara sehingga sering menyakiti orang lain. Surya juga tau, kenangan masa lalu Cessa tentang orang ‘miskin’. Dan yang paling penting, dari cerita-cerita Cessa, Surya tau bahwa Cessa dan Benji tidak akan bisa berpisah, meskipun Cessa akhirnya mengatakan bahwa dia menyukai Surya.

“Gue mohon lo mundur. Gue bisa jaga dia.”
Selama beberapa saat, Benji menatap Surya dengan senyum lemah. Sori, tapi lo enggak bisa.”
Surya menatap Benji tajam. “Apa maksud lo?”
“Gue punya apa yang lo enggak punya. Gue punya apa yang dia butuhin. Sampai kapan pun, lo nggak bisa bareng dia tanpa ada gue di sampingnya.”

Apa sebenarnya yang terjadi antara Benji dan Cessa ? Bagaimana dengan Surya dan Cessa ? Temukan kisahnya di I For You !


Something (+) From ‘I For You’ : 
Aku suka sekali dengan buku ini. Awalnya jujur saja aku merasa cerita ini akan fairytale parah. Sempat ngerasa bosan dan greget juga karena aku merasa tokoh Cessa ini angkuh sekali. Tapi mendekati tengah cerita ke belakang, Orizuka berhasil dan sukses mencampur adukkan perasaanku. Ramuan ala Orizuka, selalu berhasil membuat kisah jadi sangat menarik. Aku tidak bisa berhenti membaca buku ini, karena aku penasaran ada apa sebenarnya antara Benji dan Cessa. Aku suka dengan perasaan kagum, melting, dan juga sedih yang diciptakan buku ini. Karakter favoritku adalah Benji. Aku suka tokoh Benji karena menurutku dia manis sekali.. aaaa melting haha. Aku suka dengan pengetahuan baru yang aku dapat dari buku ini mengenai von Willebrand Disease, soal bintang dan lain-lain yang Surya ajarkan pada Cessa. Kalian mungkin akan berpikir ini adalah cerita romansa biasa, tapi menurutku I For You akan memberikan suguhan plot yang bikin alur ceritanya jadi sangat menarik.


Something (-) From ‘I For You’ :


Quotes :

Fakta itu… kadang menyakitkan bagi beberapa orang (hal 15)

Nggak semua fakta harus dikatakan (hal 15)

Bintang paling terang adalah yang suhunya paling tinggi. Karena dia terbakar dengan cepat, bahan bakarnya pasti akan cepat habis. Kalau masanya sudah habis, dia akan meledak (hal 126)

Jika hal yang paling sulit kamu lakukan adalah mengucap ‘selamat tinggal’, saat itulah kamu tahu kamu sedang jatuh cinta (hal 239)

Tidak ada penyesalan. Hidup semua orang akan kembali berjalan seperti seharusnya. Namun, harusnya ia tahu, hidup kadang tak berjalan sesuai yang mereka inginkan (hal 309)


tiaraorlanda ♣

Leave a Reply

