EKC Ngeblog Week 15 : Unforgettable Teenlit

logoekcnaaa

Hola Bookish !
Lama gak ketemu di weekly tag ini. Setelah week yang lalu untuk pertama kalinya absen, sekarang kita ketemu lagi di week 15 *YEAY ! Tema ini ditentukan oleh PRISKILA yaitu tentang Unforgettable Teenlit.

Menurut www.si-pedia.com Teenlit adalah salah satu genre novel yang diklasifikasikan berdasarkan target pasar.

“Teenlit sesuai dengan namanya, dikhususkan untuk kalangan remaja. Teen berarti remaja, dan lit berasal dari kata literature yang berarti tulisan kesusastraan. Cerita yang ditawarkan biasanya dengan plot dan gaya bahasa yang sederhana, agar mudah dimengerti pembaca. Dan biasanya teenlit dibaca hanya untuk mengisi waktu luang dan memberikan kesenangan pribadi (pembaca tidak dituntut untuk berfikir tentang makna yang lebih luas). Biasanya mengangkat cerita Roman, atau sejenisnya.” – www.si-pedia.com

So, without further ado, let’s move to the list :

  • Fairish oleh Esti Kinasih

Buku ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama sekitar tahun 2004. Terkenal di eranya, bahkan pernah dijadikan serial tv di salah satu tv swasta kala itu.

Fairish bercerita tentang Irish (yang nama aslinya Fairish) dan Davi dan masa lalu Davi. Buku ini menurutku sangat bagus. Romansa yang dibahas di dalamnya masih sesuai dengan genrenya, tidak berlebihan. Tidak hanya romansa, buku ini juga memuat hal-hal melankolis di dalamnya. Kalo mengutip kata-kataku di Goodreads tentang review buku ini :  berair mata tapi dengan porsi yang pas.


  • 57 Detik oleh Ken Terate

Buku ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama di tahun 2009. Memiliki judul unik yang menurutku ear-catchy, ditambah dengan cover yang eye-catchy menurutku novel ini dari segi first impressionsnya sudah cukup ‘menangkap’ pembaca.

57 Detik mengambil setting gempa di kota Jogja pada tahun 2006, yang diceritakan terjadi hanya 57 detik (aku gak tau ini beneran terjadi 57 detik aja apa enggak, tapi dalam buku ini diceritakan begitu). Dalam gempa yang terjadi tidak lama itu, bahkan tidak sampai 1 menit tapi Jogja diporak-porandakan olehnya, menjatuhkan banyak korban jiwa, dan mengubah hidup Ayomi, Nisa dan Aji.


  • Thalita oleh Stephanie Zen

Diterbitkan Gramedia Pustaka Utama di tahun 2009, buku ini menggunakan nama tokoh utamanya sebagai judul buku. Thalita yang mengangkat narkoba sebagai tema cerita menurutku sangat tepat sekali berada di genre ini.

Buku ini mengisahkan tentang Thalita dan Darren dan hubungan mereka dengan orang-orang yang mereka sayangi yang adalah seorang junkie (pecandu narkoba). Pesan moral yang disampaikan oleh buku ini sangat tepat untuk remaja, dimana usia remaja ada usia yang rentan sekali terhadap pengaruh narkoba.


Sekian beberapa buku Unforgettable Teenlit versiku. Bagaimana dengan kalian ? Feel free to share your opinion or even your own UNFORGETTABLE TEENLIT di kolom comment. I’ll be glad to check them out. See You In The Next Week, Bookish !

tiaraorlanda ♣

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s