[BLOGTOUR] Book Review : Amora Menolak Cinta oleh Rainy Amanda + Giveaway

26521406

RATING : ★★★★☆

Penerbit : AB
Tahun terbit : 2015
Harga : Rp 41.000 (bisa di beli disini)
Jumlah halaman : 238 halaman
ISBN : –

Pertama kali aku kenal Manda si penulis novel ini adalah dari blog. Berbekal ke-SKSD an ku kami sempat beberapa kali bertegur sapa di kolom komen blognya (entah Manda masih ingat apa enggak), karena Manda menyukai beberapa penulis dan buku yang sama denganku. Lama

tidak membaca update-an Manda tentang buku, tiba-tiba liat dia udah ngeshare soal buku nya yang sudah terbit melalui self-publishing, whoaaa ! Manda aku iri haha. Btw, thankyou Manda sudah memberikan buku ini untuk aku baca dan review.


First Sight :
Aku SANGAT menyukai kover buku ini, asli. Aku suka dengan warnanya yang putih gitu bikin gambar kovernya lebih fokus. Aku suka visualisasi Amora di kover ini bikin aku berasa lebih mudah membayangkan Amora di dalam cerita. Nama penulis juga unik karena dituliskan di ‘leher’ si Amora. Dan yang terakhir aku suka dengam tekstur kertas kover buku ini. aku gak tau apa nama jenis kertasnya ini tapi kertasnya ada tekstur dan motifnya gitu, aku suka. Beli deh biar kamu tau *kedip-kedip*


Stories :

“salah satu zat yang terstimulasi saat lo merasa ‘jatuh cinta’ itu Serotonin. Reaksinya bisa membuat lo hanya terfokus pada satu hal. Ada juga Dopamin, efeknya sama kayak otak yang sedang dalam pengaruh kokain.”

Amora si ilmuwan cinta, tidak percaya cinta. Pernah disakiti oleh seseorang dari masa lalu dan keadaan keluarganya membuatnya tidak percaya cinta. Menurutnya jatuh cinta hanyalah stimulasi reaksi kimia yang menyerang tubuh. Jatuh cinta tidaklah melibatkan perasaan, tetapi reaksi kimia lah yang ‘merekayasa’ nya.  Amora berulang kali menekankan hal ilimiah itu kepada Erin, sahabatnya yang sedang patah hati setelah mengakhiri hubungannya dengan Shinji, karena mantannya itu sering kali bersikap terlalu baik pada wanita lain sehingga Erin menjadi kurang nyaman.

Secara kebetulan Shinji adalah teman sekelas Amora di Fakultas Biologi UNB, yah walaupun mereka memang tidak terlalu akrab. Bagaimana bisa akrab kalo dari awal dia mengenal Shinji sebagai pacar Erin, dia sudah merasa Shinji itu seorang ‘playboy’ ?

 “Cinta itu tidak ada. Cinta adalah reaksi kimia akibat hormon dari otak yang mempengaruhi kerja organ tubuh kita. Cinta yang kita kenal merupakan hasil dari romantisasi penyair-penyair melankolis. Dan itu adalah satu-satunya teori cinta yang perlu kupercaya.”

Sayangnya, kesialan malah membuat Amora ‘terpaksa’ berurusan dengan Shinji. Saat tanpa sengaja Amora menumpahkan susu moka di kepala Shinji, saat Shinji tanpa sengaja melihat rok Amora yang terkena noda haidnya yang ‘tembus’, puncaknya saat mereka harus berada dalam 1 kelompok dalam Diklat Himpunan yang diadakan senior-senior di fakultasnya.

Kebersamaan mereka dalam satu kelompok itu pun ternyata mengubah beberapa hal…


Something (+) From ‘Amora Menolak Cinta’ :
Selain kovernya yang bikin jatuh hati seperti yang sudah aku jelaskan di first sight diatas, aku suka dengan isi cerita buku ini. aku suka dengan intensnya pembahasan mengenai bidang biologi seperti hormon Estrogen, Testoseron, Adrenalin, cara mengaktifkan hormon, dan banyak lagi yang jujur saja kebanyakan baru aku tau saat membaca buku ini. Menilik dari pembahasan ilimiah dalam buku ini, tentu saja penulis tidak bisa main-main menuliskannya karena jelas membutuhkan riset mengenai bahasannya. Hal itulah yang membuatku merasa buku ini ‘berisi’, tidak ‘kopong’ dan tidak sekedar soal cinta.

Aku suka dengan keakraban Amora dengan teman-teman kampusnya. Khas mahasiswa baru banget ! haha kalian setuju kan kalo semakin lama, teman-teman di kampus akan semakin berkurang karena kesibukan masing-masing. Beda sama pas kita masih baru masuk kuliah *pengalaman pribadi*

Aku suka dengan kisah manis dalam buku ini, gak overdosis. Ibaratnya minum pake gula tropicana slim gitu haha. Cukup manis gak bikin diabetes *halah pake dibahas*

Aku suka dengan ending yang cukup menghibur, tidak terlalu klise. Dan aku suka dengan konflik keluarga yang menjadi latar belakang Amora memiliki sikap antipati terhadap cinta.

Buku ini membahas banyak hal ilimiah tapi tidak akan menyusahkan kalian sebagai pembaca, cukup mudah dimengerti.

Buku yang bagus untuk sekelas self published. Semoga walaupun hanya dijual online, Amora Menolak Cinta bisa dibaca banyak orang !


Something (-) From ‘Amora Menolak Cinta’ :
Aku kurang suka dengan kemasan bukunya aja, tapi masih bisa aku maklumi mengingat ini adalahself published. Semoga buku selanjutnya kemasannya lebih rapi lagi.

Dan juga menurutku di beberapa bagian buku ini membutuhkan penjelasan lebih di footnote-nya, sehingga lebih membantu pembaca mengerti tentang isi bukunya secara keseluruhan.


Quotes :

“Salah satu zat yang terstimulasi saat lo merasa jatuh cinta itu serotonin. Reaksinya bisa membuat lo hanya terfokus pada satu hal. Ada juga dopamin, efeknya sama kayak otak yang sedang dalam pengaruh kokain. Gak heran kalo sekarang rasanya berat. Itu karena lo dalam kondisi sakaw kayak pemakai narkoba.” (hal 1-2)

“Itu kan otak lo, lo yang pegang kendali.” (hal 2)

“Jangan maksa lupain, jadiin pengalaman untuk belajar aja.” (hal 15)

“Cinta itu tidak ada. Cinta adalah reaksi kimia akibat hormon dari otak yang mempengaruhi kerja organ tubuh kita. Cinta yang kita kenal merupakan hasil dari romantisasi penyair-penyair melankolis. Dan itu adalah satu-satunya teori cinta yang perlu kupercaya. (hal 35)

“Cinta itu gak ada. Itu Cuma reaksi kimia dari otak. Efek dari reaksi memori, persepsi dan hormon. Menurut gue orang terlalu melebih-lebihkan konsep cinta.” (hal 106)

Kematian sel hanyalah contoh lain dari  perubahan. Perasaan manusia bisa tumbuh karena memori,  dan bisa pupus karena lupa (hal 109)

“Yang dibilang org love at first sight itu mah baru efek seksual doang. Malah mungkin Cuma adrenalin.” (hal 117)

“Perasaan bukan sesuatu yang bisa diukur dan ditebak.” (hal 192)

Ayah sudah berpulang, semua sakit hati selayaknya direlakan (hal 212)

Cermin yang pecah bisa diperbaiki, tapi pantulannya tak akan pernah sama (hal 217)

***

jadwalgiveaway01 - Copy (1)

Bagi kalian yang juga tertarik untuk membaca kisah Amora si Ilmuwan Cinta, aku dan Rainy Amanda akan mengadakan Giveaway untuk kalian *YIPPIE ! Simak ketentuan di bawah ini :


BOOK GIVEAWAY
22 – 30 November 2015 | PENGIRIMAN HANYA DI WILAYAH INDONESIA


  1. Follow blog Bookish Story dan Tulisan Manda dengan klik follow atau melalui E-mail
  2. Follow akun twitter @tiaratier_ dan @RainyAmanda
  3. Promosikan Giveaway ini di twitter kalian, mention @tiaratier_ dan @RainyAmanda dan jangan lupa sertakan hashtag #GAAMora (boleh dilakukan setiap hari)
  4. Tuliskan di bagian kolom komentar Nama, Akun Twitter (untuk menghubungi kalian jika menang), Link Share Giveaway, dan Jawaban untuk pertanyaan : APA PELAJARAN FAVORITMU DAN APA MANFAAT YANG KAMU DAPAT DARI PELAJARAN TERSEBUT ?

Tersedia 2 (dua) buku Amora Menolak Cinta
Pemenang diumumkan tanggal 2 Desember 2015


GOODLUCK, BOOKISH !
tiaraorlanda ♣

Advertisements

33 thoughts on “[BLOGTOUR] Book Review : Amora Menolak Cinta oleh Rainy Amanda + Giveaway

  1. nama: Visca
    akun twitter: @Visca_Apr
    link share: https://twitter.com/Visca_Apr/status/668297459542552576
    APA PELAJARAN FAVORITMU DAN APA MANFAAT YANG KAMU DAPAT DARI PELAJARAN TERSEBUT ?
    “hmmm kalo bicara sola pelajaran favorit, aku tuh paling suka pelajaran KKPI sama Mulok, banyak prakteknya jadi mudah dipahami. Materinya juga nggak susah-susah amet
    dan manfaatnya buat aku? kalo KKPI aku bisa ngeoperasiin beberapa microsoft office, beberapa software edit foto kayak photoshop, corel draw juga bisa lah dikit-dikit. Nah kalo mulok itu kerajinan tangan *rajutan* itu waktu smp, manfaatnya yah bisa buat berbagai aksesoris dan yang paling penting punya nilai jual yang cukup tinggi”

    Like

  2. Nama : Ria Monica
    Twitter : @Riamonic23
    Link Share : https://twitter.com/Riamonic23/status/668419271559479296

    Sebelum aku jawab pertanyaannya , boleh ya mbak sedikit cerita dulu . Dari jaman sd sampe smp aku tuh ga suka yg namanya pelajaran yg berhubungan dengan yg namanya hitung menghitung tepatnya pelajaran matematika, kalo buat mikir udah pasrah dulu apalagi kalo disuruh guru maju buat ngerjain matematika di depan kelas duh udh gerogi,keringetn segala takut emang ga bisa. Tapi pas lulus smp lanjut lah disuruh ortu masuk Smk dan ternyata Smk jurusan yg aku ambil akuntansi ..dari situ awal masuk udah parno dulu kalo akuntansi itu susah kayak matematika yg berbau hitung menghitung tuh , dan awal2 masuk akuntansi lumayan susah emang ga mudeng apalagi soal ngejurnal yg mana masuk debit yg mana masuk kredit msh bingung. karna emang harus bisa akuntansi apalagi pelajaran itu bakalan dipelajarin selama 3 tahun dan jam mapel seminggu bisa sampe 4 kali. lah dari situ aku mulai bener2 belajar dan akhirnya dari situ setiap mapel akuntansi paling seneng karna emang udah bisa dan paham logika2 akuntansi kayak ngejurnal dll. apalagi kalo ditugaskan bikin laporan keuangan perusahan sangat menikmati bnget udah berasa kayak akuntan KW bener2 serius ngerjainya . Jawaban dari apa pelajaran Favorit aku ya Si akuntansi dan maanfat yg aku dapet , aku sekarang punya arah tujuan hidup atau cita2 yang dulunya masih bingung aku mau jadi apa sih nanti kalo udah gede dan sekarang udah jelas pengen jadi apa ,yups jadi seorang akuntan , makanya sekarang ambil kuliah jurusan akuntansi. yang berawal dari pelajaran favorit yg sekarang menjadi dasar citacitaku 🙂

    Like

  3. Aloo kak Tiara, izin ikutan ya. Naksir sama novelnya. Istilah-istilahnya bikin penasaran xD
    Nama : Intan Novriza Kamala Sari
    Akun Twitter : @inokari_
    Link share GA : https://twitter.com/Inokari_/status/668551150627500032

    Jawaban :

    APA PELAJARAN FAVORITMU DAN APA MANFAAT YANG KAMU DAPAT DARI PELAJARAN TERSEBUT ?

    BIOLOGI.

    Yes, sebenarnya aku baru menggilai pelajaran kece ini sejak SMA. Waktu SD dan SMP? Suka sih. Tapi sukanya suka aja, bukan suka banget :p

    Nah, waktu SMA, peran guru lah yang membuatku sampai jatuh hati dengan Biologi untuk alasan yang berbeda. Guru Biologi pertamaku adalah seorang ibu-ibu dengan wajah judes, beliau juga terkenal ‘killer’. Tapi waktu itu aku berpikir positif aja, “kalo jadi anak rajin, masa sih ibu itu masih killer juga?”

    Terbukti, dengan belajar lebih keras, aktif saat pembelajaran beliau, dan mengerjakan tugas dengan lebih istimewa, aku berhasil mendapatkan nilai 90 untuk 2 semester. Tapi, yang paling nyenengin itu bukan perkara nilai, melainkan saat beliau menjadikan tugasku sebagai contoh. Dipuji habis-habisan pula di depan kelas *semacam mendadak berbunga-bunga ketika bisa jadi murid kesayangan ibu guru killer. Hehe 😀

    Lalu, guru keduaku adalah guru baru di sekolah. Masih muda, tampan daaaann single *ups. Nggak deng, alasan singlenya nggak ngaruh kok. Lagian waktu itu masih kecil, belum mikirin cinta-cintaan. Makin suka sama Biologi karena si bapak ngajarnya luweeeess banget. Dia pandai bercerita dengan seru, tapi ga melenceng dari teori dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.

    Manfaat yang aku dapetin dari Biologi itu banyak sebenernya. Aku bakal share, 3 manfaat yang paliiiing kerasa dan membekas sampai sekarang.

    1. Biologi menawarkan berbagai kesempatan untuk memperoleh ilmu pengetahuan tentang diri sendiri dan benda hidup lainnya.

    Pada rentang tahun 2008-2010, internet belum sebooming sekarang. Terlebih aku tinggal di kota kecil yang pertumbuhan teknologinya cenderung lambat.

    Mau nyari tau kenapa pas menstruasi rasanya nggak ngenakin banget? Belum bisa googling cantik di google.

    Apa bahayanya kalo nurutin ‘gairah’ anak SMA dengan ‘bablas’ pacaran? Itu aku juga dapetin dari belajar Biologi loh. Dan nggak dipungkiri, kalo bagian ‘Reproduksi’ itu favoritnya mayoritas anak SMA. Hihi. Seruuu banget! Jadi banyak tau soal diri sendiri sampe ke dalam-dalamnya.

    2. Biologi dapat membantu untuk melihat dunia dan alam kehidupan ini kayak yang dilakukan oleh ilmuwan .

    Oh iya, pas belajar Biologi itu bawaannya semacam jadi anak cerdas. Hehehe. Pake jas putih ala-ala peneliti, pegang mikroskop, main-main sama bahan ‘aneh tapi seru’ di laboratorium. Dan banyak banget hal-hal seru yang didapetin di sana. Bahkan dari sekedar daun-daun tumbuhan yang sering banget ditemukan di lingkungan sekitar.

    Mainan bekicot? Katak? Juga pernah. Dan itu hanya bisa dirasain pas belajar Biologi.

    3. Biologi sebagai pengetahuan dasar untuk beberapa bidang dan profesi. Misalnya:bidang pertanian,kesehatan,dll

    Berkat Biologi, aku seenggaknya jadi paham gimana cara mencangkok, cara nanam cabe yang bener, atau sekedar cara mengolah pupuk. Biologi juga yang ngasih tau gimana caranya ngerawat mata, prosedur yang bener ngebersihan telinga, dll. Kalo bukan karena Biologi, ah entahlah, banyak hal yang nggak akan aku tau.

    Thanks buat GA serunya kak Tiara 😀

    Like

  4. Nama: Kiki Suarni
    Twitter: @Kimol12
    Link share:https://mobile.twitter.com/Kimol12/status/668604624350253056

    Jawaban:

    Selama masa sekolah dulu, aku memang gak pernah suka sama pelajaran hitung menghitung. Tapi waktu SD aku suka sama pelajaran IPA dan itu berlanjut sampai tingkat SMP dalam lingkup Biologi yang membuatku jadi salah satu siswa dengan nilai tertinggi saat ujian tulisan maupun praktek. Dari Biologi aku banyak mendapat pengetahuan tentang sistem pencernaan tubuh dan mengenal lebih baik lagi anatomi tubuh sehingga lebih tepat sasaran perawatannya.

    Tapi setelah beranjak SMA aku beralih suka Bahasa Inggris yang sekarang membuatku lumayan bisa berkomunikasi dengan Bahasa Inggris.

    Terima Kasih.

    Like

  5. Nama: Aulia
    Twitter: @nunaalia
    Link Share Giveaway: https://twitter.com/nunaalia/status/668668214092566532
    Pertanyaan : APA PELAJARAN FAVORITMU DAN APA MANFAAT YANG KAMU DAPAT DARI PELAJARAN TERSEBUT ?

    Jawaban:
    Waktu sekolah aku suka pelajaran Akuntansi, seru aja ngitung-ngitung gitu walau kadang pusing juga karena uangnya gak ada hehe…:D Tapi waktu SMA aku malah masuk IPA dan gak berkutat dengan akuntansi. Saat kuliah aku pengin banget masuk STAN, tapi nilaiku gak cukup 😦 Akhirnya terpaksa ambil Manajemen Informatika, dan di awal semester aku bisa jumpa lagi dengan pelajaran favorite aku itu 😀 Dan sekarang walaupun aku lulusan manajemen, aku bekerja sebagai staf keuangan, dan ilmu akuntansi yg jadi favorite aku tentu saja terpakai, dan aku enjoy dengan pekerjaanku 🙂

    Like

  6. Nama: Riqza Nur Aini
    Twitter: @riqzanainiee
    Email: moha3451@gmail.com
    Domisli: Demak,jateng
    LinkShare: https://mobile.twitter.com/riqzanainiee/status/668674509847658496?p=v
    .
    .
    Pertanyaan:
    “APA PELAJARAN FAVORITMU DAN APA MANFAAT YANG KAMU DAPAT DARI PELAJARAN TERSEBUT?”
    .
    .
    .
    Pertama,pelajaran yang paling aku sukai adalah ‘Bahasa Indonesia’.
    Karena hanya dipelajaran bahasa Indonesia kita bisa mendalami cara tulis menulis yang benar menurut KBBI.Misalnya penggunaan tanda baca,pengepasan kalimat,ada juga belajar menyunting karangan,latihan membuat cerpen atau puisi,dll.Aku juga ingin menjadi seorang penulis.Jadi,aku wajib memfaforitkan pelajaran Bahasa Indonesia guna untuk menambah wawasan tentang dunia sastra.Didalam pelajaran Bahasa Indonesia aku juga bisa belajar Menentukan tema,tokoh,watak tokoh,Poin Of View,amanat,setting,dan unsur unsur instrinsik ataupun ekstrinsik cerita,Nambah ilmu kan?Bukannya sombong,nilai Bhs Indonesiaku selalu tertinggu dikelas.Cerpen2 dan puisi2 karyaku juga selalu diikutkan lomba dan terpajang rapih dimading.Nilai + untuk pelajaran Bahasa Indonesia.
    Selain bhs Indonesia,aku juga memfaforitkan pelaran Matematika,IPA,dan Prakarya.
    Matematika mungkin bagi sebagian pelajar adalah ‘musuh’ tapi bukan bagiku.Dimana2 ada matematika.Suka aku dengan teka-teki matematika.Guruku sering memberi pertanyaan yg kami tdk tahu rumusnya.Nah disitu kami diberi kesempatan bereksplorasi.Mengembangkan kecerdasan kita,Seru bukan?
    IPA juga,Aku suka Biologi dan Fisika,Tapi kurang menyukai Kimia.Di biologi aku sering melakukan penelitian keluar,dan bagiku itu menyenangkan.Meskipun agak susah mencari nama2 biologi makhluk hidup.Tapi aku suka.Karena itu juga berguna.Agar aku tau ohh ini namanya ini,jenisnya ini,randomnya,juga au bisa mengetahui kunci klasifikasi.Karena aku suka dengan penelitian-penelitian.Juga fisika,aku sering diajak guruku untuk melakukan percobaan-percobaan,mulai dari Listrik Statis,Listrik Dinamis,Elemen2,Accu,Dinamo,baterai dll,Disitu aku tau apa fungsi-fungsi dari listrik,dan apa-apa itu tentang fisika.Berguna sekali.
    Lalu prakarya,aku suka berkreasi.Menguji kekratifitasan otakku.Di pelajaran prakarya itu sering sekali membuat hasta karya perkelompok.Masak,membuat lukisan,membuat lukisan mozaik dari cangkang telur,manik2,dll,Ntar kalau aku bisa mengembangkan itu bisa jadi penghasilan tambahan dimasa depan.Membuat usaha kerajinan tangan. 🙂
    #GAAmora

    Like

  7. Nama Zidfana Chipchip
    Tw : @ZidfanaChipchip
    https://mobile.twitter.com/ZidfanaChipchip/status/668673105271717888
    https://mobile.twitter.com/ZidfanaChipchip/status/668676094413901824

    Pelajaran favorit ?? Banyaaak siih sebenernya, hampir semua pelajaran jadi favorit kalau nilai nya selalu 9, kalau dibawah itu langsung musuhan. Hahaha ogah-ogahan, marahan, kaya gak kenal, siapa lu? Pelajaran kok pelik amat dipahami. Seneng lu bikin orang baper dan puyeng harus remidi. Puasss puaaassss!!
    Tapii sejak dahulu kala, sejak tau yang namanya sekolah, itu suka banget sama pelajaran ILMU PENGETAHUAN ALAM, dari mulai amoeba yang membelah diri, sampe terinspirasi banget kalau galau pengen membelah diri. Apalagi kalau ditanya, kapan nikah? suami lu mana? Sorry gue berkembang biak dengan membelah diri! PPffff 😦 😦
    Ilmu pengetahuan alam juga satu-satunya alasan aku akhirnya terpilih bisa ikutan olimpiade sains nasional. Mapel biologi siih. yang menyenangkan dari ilmu pengetahuan alam itu banyak. Hanya di ilmu pengetahuan alam kita disuruh gambar badan nya kodok, badan nya kecoa, harus bawa kupu-kupu sama capung ke sekolah, sampe mencecap berbagai varian rasa dari makanan untuk mendeteksi kepekaan lidah. Kebayang kan serunya?
    Jadi ngerti kalau sarapan itu penting untuk asupan oksigen ke otak. Makanya daya konsentrasi bisa tinggi. Gak menguap terus kaya ikan lohan.
    Apalagi kalau ngomongin aneka planet udah kaya aneka jajanan yang pelbagai macam enak-enak. Merkurius venus bumi mars, sampe pluto dinyatakan bukan planet. Lalu ada Asteroid, meteoroid, komet, galaksi dan superkluster. Alam semesta selalu membuatku tercengang ketika membaca data statistiknya, bahkan selama 5 miliar tahun matahari bergerak seirama dengan planet-planet nya mengelilingi sebuah bintang yang sangat besar yang berada dipusat galaksi. bahkan jarak bintang terdekat saja yang terdekat membutuhkan waktu tempuh 482 tahun untuk sampai disana, itupun kalau menggunakan pesawat tercepat milik manusia. Kalau menggunakan kecepatan cahaya? (kecepatan puncak alam semesta) 300.000 km/detik itupun masih butuh waktu 8 tahun. Bahkan jarak bumi ke langit pertama saja kita mungkin harus geleng-geleng sangkin lelahnya menghitung. Kebayang lelahnya kalau harus traveling ke luar angkasa? Lagipula siapa juga ya yang mau! Hehe naik bus antar kota aja udah mabok bukan main kamu. :p
    Pernah gak sih ada cowok yang ngomong ke kamu kalau dia tak bisa hidup tanpamu? Sok manis gitu. Padahal itu bohong banget tau, asli bohong bukan main. Kenyataan nya manusia tidak mampu hidup tanpa 16 elektron 16 proton 16 neutron (inti atom oksigen), belajar ilmu pengetahuan alam kita jadi smart dan gak mudah dibohongi hal remeh temeh begitu. kereen banget kan? Iya makanya. Jadi kalau misalnya jatuh itu pasti kebawah karena ada gaya grafitasi bumi, bukan jatuh tak bisa bangkit lagi, terus jadi butiran debu. Lalu kepengen menghilang jadi buih yang dimakan ombak beuuuuh *Dramabanget* hahaha
    Namun dari kesemuanya manfaat mempelajari ilmu ini yang sangat aku rasakan adalah, hubunganku dengan Tuhan. Iya beneran. Mempelajari alam semesta sama juga mempelajari diriku sendiri, makhluk Tuhan. Jadi semakin merasa Kebesaran Tuhan itu gak bisa diukur dengan apapun, bahkan dengan hitung-hitungan matematika sekalipun. kita itu nothing, bukan apapun tanpa Tuhan. Masih mau nyombong? Beuuuuuhhh jadi alien aja sana. Atau mau jadi virus yang mati dengan vaksin? Jadi lebih sadar untuk bersyukur sih, iman dihati juga semakin besar, selalu kepengen menjadi manusia yang terus memperbaiki diri, meraih mimpi-mimpi, mewujudkan segala asa, berbuat baik dan bermanfaat bagi sesama. Juga menjaga bumi kita dari para monster 🙂 🙂 🙂

    Jangan lupa perbanyak makan sayur karena sayur sangat baik untuk tubuh eeeaaakkk. Itu kata ilmu pengetahuan alam. 😀 😀 😀

    Like

  8. Nama : Kania E. Hapsari
    Twitter : @KaniaVha
    Link Share : https://mobile.twitter.com/KaniaVha/status/668760625435144192

    APA PELAJARAN FAVORITMU DAN APA MANFAAT YANG KAMU DAPAT DARI PELAJARAN TERSEBUT ?
    = Pelajaran fav waktu masih sekolah itu Seni. Seni musik & seni rupa. Why? Karna itu satu-satunya pelajaran yang nyantaiii, hepi, tanpa beban.. plus guru nya juga asik >3<
    Apa manfaatnya? Jelas nambah ilmu. Jadi tau gimana teknik-teknik gambar, lukis, ngewarnain, nganyam, dll … kalo seni musik nya, aku jadi tau teknik-teknik main alat musik kayak piano, angklung, gamelan, rekorder haha, yang asalnya buta not balok jadi mayan ngerti hihi, jadi tau caranya bikin partitur lagu sendiri *walopun tetep pake bantuan software hehe*, jadi tau chord.. dan bikin aku jadi suka lagu-lagu/musik-musik klasik & bikin aku pengen pelajarin instrumen lain.. kayak sekarang, aku lagi otodidak belajar biola nihh haha :))

    Like

  9. Nama: Aya Murning

    Twitter: @murniaya

    Link share:

    Jawaban:

    Aku suka pelajaran kimia dan fisika. Seriously, karena aku ini seorang hamba sahaya dari mata kuliah chemistry and physic. Paling mabok waktu dijejali mata kuliah kimia fisika. Ampoooon! 😀

    Terlebih aku suka dengan filosofinya yang bisa dikaitkan dengan kejadian hidup sehari-hari. Kata guru dan dosenku dulu, semua hal di dunia ini nggak ada yang nggak berhubungan dengan proses kimia dan fisika. Pada makanan, pada obat, pada baju, pada mainan, pada perabotan, pada elektronik, pada tumbuhan, pada tubuh manusia, pada kendaraan, pada perut bumi, pada makhluk halus, dan lain-lain. Bahkan pada contoh paling absurd sekalipun.

    Misalnya seperti ini, ada kemacetan di tengah jalan karena sebuah pohon besar tumbang. Hari sedang hujan deras. Tidak ada orang yang mau menyingkirkan pohon itu. Kemudian ada satu anak kecil dengan sekuat tenaga mendorong pohon yang mungkin 200x lipat dari berat badannya. Ia sendirian mendorong seperti orang bodoh. Kemudian pengendara lain yang pada putus asa menunggu macet melihat anak kecil itu dan tergerak untuk ikut mendorong. Hingga ratusan orang juga membantu anak itu.

    Nah, hal ini juga termasuk proses chemistry, lho. Anak itu memancarkan energi positif yang tertangkap dan terdifusi oleh manusia lainnya dan akhirnya memantul lagi kepada yang lain, sehingga kebaikan itu terus menular.

    Dosen-dosenku terus menjejali kami dengan contoh-contoh kecil seperti momentum pada tetesan air hujan, rentetan chain pada polimer, kenapa air mata kesedihan turunnya di sudut dekat hidung dan terasa lebih hangat, apa hubungan antara hampa udara dengan hampa pada lagu Ari Lasso (iyes! believe it or not, yang ini juga sempet dibahas beliau), dan fakta-fakta lainnya yang menggugah hingga membuatku menyunggingkan senyuman atas kebenarannya. Tuhan Maha Besar.

    Kimia dan fisika termasuk pelajaran eksak yang menuntut pada pemikiran logis dan kritis. Kalau belum ketemu jawaban pada suatu masalah rasanya belum lega. Suatu kebenaran yang terbukti secara medis, kimiawi, fisika, sekecil apa pun membuatku bersyukur bahwa ilmu di dunia ini sangat luas dan kita ini makhluk yang bodoh.

    More you read/learn, more you know.
    More you know, more you don’t know.

    Manfaat lain dari 2 pelajaran ini adalah membantuku membentuk pola pikir yang harus berdasarkan logika. Nggak percaya banget sama mitos-kitos kalau belum diuji. Malahan dari kisah proses chemistry si anak kecil itu telah menginspirasi dan memacu semangatku untuk terus bisa berjuang demi mendapatkan apa yang aku inginkan meski aku sendirian. 🙂

    Like

  10. Nama : Alifa Nanda Tarina ( Embol )
    Twitter : @_alifananda
    Link share : https://mobile.twitter.com/_alifananda/status/668986332438355968?p=v

    Pelajaran favorite aku dari SD sampai sekarang udah lulus SMA adalah Pendidikan Kewarganegaraan sama Bahasa Inggris. Manfaatnya sekarang belum sih ngerasain, tapi yang namanya pelajaran gak ada yang gak bermanfaat, semuanya pasti ada cuman belum waktunya aja.. Aku sih selalu bermimpi nih dg basic yg aku minati aku bisa jadi seorang duta besar di negara-negara lain, atau penerjemah

    Like

  11. Nama : Herma
    Akun Twitter : @rekhakana507
    link Share : https://twitter.com/rekhakana507/status/669009230918082560

    Jawaban :

    APA PELAJARAN FAVORITMU DAN APA MANFAAT YANG KAMU DAPAT DARI PELAJARAN TERSEBUT ?

    dari jaman SD pas kenal sama matematika itu udah langsung jatuh cinta. ga tau kenapa tiap kali bisa mecahin soal-soal matematika itu rasanya puas pake banget dan akan penasaran amat sangat klo masih belum bisa mecahin soal. sampe kuliah pun selalu suka sama mata pelajaran/mata kuliah yang berbau hitung-hitungan.
    ngerasain manfaatnya banget sekarang (dan sebelum-sebelumnya sih) jadi bisa lebih teliti dalam hal apapun, khn matematika itu dituntut untuk lebih teliti, untuk lebih di cek ricek lagi semuanya. sama, dalam hidup juga gitu, kita mesti teliti dan mesti ngecek lagi apa yang udah kita kerjain, seengganya untuk meminimalisasi kesalahan ajaa

    Like

  12. Niki S. S.
    @nikisaka
    https://mobile.twitter.com/nikisaka/status/669013247765295104?p=v
    Pelajaran favorit dari dulu sih bahasa Inggris, that’s why I take
    English Literature at the University. It helps me much doing
    overwhelming assignment. Selain itu,makin lama belajar di bidang ini, makin tahulah soal sastra. Tapi yang penting dari belajar sastra asing adalah membuka mata orang banyak bahwa belajar sastra asing tidak berarti kita tidak mencintai sastra Indonesia. Justru kita bisa jadi agen atau jembatan untuk memperkaya sastra asli negeri sendiri. \m/

    Like

  13. Nama: Angelina Arum Wulandari
    Twitter: @angeliaaw249
    Link share: https://twitter.com/angeliaaw249/status/669093391792140288

    Pelajaran favoritu itu seni budaya. Seni budaya aku sukanya sih waktu materinya tentang tari. Tari itu udah kayak bagian hidupku, kalau belum ikut lomba nari tuh rasanya gk seru. Aku juga lebih condong ke tari tradisi, entah kenapa setiap aku disuruh nari hip-hop atau selain tradisi bisa sih bisa, tapi hatiku gk ada di situ. Manfaatnya sendiri bisa menjaga kebudayaan, menunjukkan ke orang-orang tari tradisi itu gk kalah keren sama tari yang lainnya dan kalau buat diriku sendiri aku ngerasa lebih seger kalau abis nari, semacam olahraga versiku. Lina bangga jadi seorang penari tradisional *yeeee*

    Hehehe gitu aja, makasih kak 🙂

    Like

  14. Nama: Khilma Vita
    Twitter: @khilma_n
    link share: https://mobile.twitter.com/khilma_n/status/669030442717216769?p=v

    Pelajaran favorit?
    Sebenarnya nggak ada yang favorit banget buat pelajaran di sekolah. Tapi ya aku kudu suka sama mata pelajaran yang di ajar guru. baik itu mudah atau susah. Pelajaran yang paling greget itu ya bahasa indonesia. gimana enggak? tiap ngadepin gurunya aja hati dan mental harus kudu ditata sedemikian. Gurunya sih nggak galak2 amat tapi cara menyampaikan nya yang WOW >< Apalagi aku juga suka nulis mau nggak mau ya kudu bener2 lebih perhatian buat pelajaran ini hehehe…

    Like

  15. Nama : Amilah Rahmatunnisa
    Akun Twitter : @RnMilaa
    Link Share : https://twitter.com/RnMilaa/status/669149981501030400

    Jawaban :

    APA PELAJARAN FAVORITMU DAN APA MANFAAT YANG KAMU DAPAT DARI PELAJARAN TERSEBUT ?

    Hehe kalo ditanya favorite sih aku paling suka bahasa inggris ya gak tau aja kenapa. Pokoknya tuh kalo pas ada ulangan bahasa inggris gak ada tegang- tegangnya gitu, dan malah santai aja kaya gak lagi ulangan. Lain halnya dengan ulangan fisika atau matematika kalo tiba2 guru bilang “hari ini ulangan ya” dan tanpa ada dosanya gitu. Langsung deh jantung berdegup kencang 2x lipat , keringat mengucur deras dan panik gak karuan nge tep jawaban sama yang pinter “eh nanti bantuin gua ya” 😀
    Tapi, bukan berarti gak suka sama fisika dan kawan-kawan ya. Suka kok sebenernya cuman gak suka aja sama cara gurunya yang kayaknya tuh udah menganggap kita pintar. Padahal kan kita manusia juga. Masih harus belajar, gak bisa langsung pintar kaya robot dong.

    Manfaat yang bisa aku dapet dari bahasa inggris adalah aku bisa nentuin apa cita-citaku yang dulunya tuh masih bingung dan buta arah. yaitu jadi diplomat. Insyallah kalo kesampaian Amiiiin :D. Trus aku juga lebih mantap kedepannya dalam memilih jurusan di perkuliahan. Karena sekarang aku berada di fakultas sastra tepatnya sastra inggris. Meskipun banyak orang masih berfikir “ngapain sih ngambil sastra inggris? Kan bisa les bahasa inggris.” Tapi aku cuma bisa membalas mereka dengan senyuman. Tentu beda dong antara les dan mengulik ilmunya langsung dari dosen. Les pun tidak selengkap di perkuliahan kan? Jadi yang ingin aku tekankan ke semua orang tuh janganlah meremehkan seseorang karena jurusan yang mereka ambil. Karena aku yakin semua jurusan pasti ada manfaatnya kok :). Selagi itu adalah passion kita atau sesuatu yang memang benar-benar kita sukai, kenapa engga? . Hidup itu jangan dibuat susahlah dengan memikirkan kata orang yang belum tentu benar, toh yang menjalani hidup ini adalah kamu sendiri hehe.

    Like

  16. Nama: Eris Andriani
    Twitter: @RizAnNie88
    Link share: https://twitter.com/RizAnNie88/status/669370081118306304
    Jawaban: aku punya 3 pelajaran faforit dan mempunyai manfaat sendiri.sendiri buatku.

    1. Bahasa Inggris
    Aku sangat menyukai pelajaran bahasa Inggris, berawal dari menonton acara di TV orang Indonesia yg bisa berkunjung ke London, membuat ku ingin menguasai bahasa orang British ini. Dengan semangat berharap suatu hari nanti bisa ke London aku belajar dgn keras soal bahasa Inggris, dan mampu mengubah nilai 6 menjadi 8 di rapot ku. Berkat semangat itu pula aku menjadi ranking 1 di test PTE antar kelas yg diadakan disekolahku, dan mengantarkanku untuk mengikuti tes bahasa Inggris level atas yaitu Toeict. Bangga sudah pasti namun ini tak membuat ku sombong, dengan ini aku bisa membuat bangga orang tua ku dan bisa membantu teman.temanku yg kurang paham dengan Bahasa Inggris, berbagi ilmu itu baik kan.

    2. Biologi
    Suka banget pelajaran ini apalagi KIR nya alias Karya Ilmiah Pelajar, disini banyak manfaat yg bisa kudapat dengan menulis. Dari menentukan latar belakang, rumusan masalah hingga hipotesis. Aku bisa mengembangkan dan melatih bakat menulisku disini. Karena 1 diantara ribuan mimpi ku adalah ingin menjadi seorang penulis dan menerbitkan karya ku sendiri. Betapa bahagianya ketika melihat namaku terpampang disampul buku yg juga dibaca oleh banyak orang.

    3. Pelajaran komputer/KKPI
    Kita hidup dizaman dimana tekhnologi menjadi tuntutan wajib bagi seseorang. Dari gaptek menjadi iptek, bahkan ada yg sampai tega memandang sebelah mata orang.orang yg tidak menguasai komputer. Komputer membuatku menjadi modern dan tidak buta informasi. Maka dari itu suatu hari nanti aku ingin membuka jasa Les komputer dengan harga minim agar bisa dijangkau oleh berbagai kalangan. Agar generasi mendatang juga bisa mengoperasikan komputer dan tidak ada lagi batas untuk maju buat semua orang. Amin

    Terima kasih, maaf kalau kepanjangan

    Like

  17. Nama: Hilma Yarisya
    Twitter:@HereYaris
    Link share: https://mobile.twitter.com/hereyaris/status/669384742609940481

    APA PELAJARAN FAVORITMU DAN APA MANFAAT YANG KAMU DAPAT DARI PELAJARAN TERSEBUT ?

    BAHASA

    Entah dari jaman hp nokia sampai touch screen suka sekali dengan bahasa. Apa saja mulai dari Indonesia sampai Perancis. Rasanya suka sekali mempelajari bahasa dari berbagai negara. Tidak kecuali dengan bahasa daerah. Saat ini aku suka belajar bahasa Perancis, arab, Chinese dan sastra. Manfaatnya banyak sekali, selain untuk komunikasi teman dari berbagai negara. Kemampuan bahasa menjadi nilai penolong untuk bekerja, niai plus sendiri juga untuk diri sendiri. Ada rasa senang tersendiri dari mempelajari bahasa, hati juga lega dan senang. Dan dari buku ini aku ingin mempelajari bagaimana sains dan sastra bersatu. Hanya keberuntunganku saja bisa memenangkan give away ini heheh.

    Like

  18. Nama : Veny
    Twitter : @yutakaNoYuki
    Link: https://twitter.com/yutakaNoYuki/status/669511947465834496

    Pelajaran favorit ya ? Gak ada pelajaran yang bener-bener bertahan jadi pelajaran favorit buatku selama sekolah, selalu berganti-ganti, berdasarkan keren atau nggaknya pelajaran tersebut menurutku, hehehe ..
    Pas SD bahasa inggris jadi pelajaran favoritku karena rasanya keren bisa cas cis cus ngomong kayak orang bule, tapi setelah ketemu materi tenses aku kesulitan dan merasa pelajaran ini gak asyik lagi :p
    Pas SMP aku tertarik sama akutansi, gak tau ya keren aja gitu pakai buku besar, buat tabel, neraca, menghitung laba rugi dan sebagainya
    Pas SMA aku beralih ke sejarah, baru sadar aja kalau sejarah itu pelajaran yang asik karena bisa menyelami peristiwa masa lalu, gak cuma tahun atau perjanjian penting, tapi kisah-kisah masa lalu yang dramatis …

    Like

  19. Nama: Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra
    Link Share: https://twitter.com/DiddySyaputra/status/669966775660900352

    Mengenai pelajaran favorit, dari semenjak SD sampai duduk di bangku MA memang nggak pernah berubah; Matematika. Dari SD sih sebenernya biasa-biasa aja, nggak terlalu istimewa, yah cuma sekedar suka berhitung, lebih tepatnya malas nyatet yang panjang-panjang, karena Matematika ‘kan simpel, nggak perlu banyak catetan. Tapi setelah di bangku Madrasah Aliyah, aku semakin bisa merenung, mengkaji apa sih sebenarnya “Matematika” itu? Falsafah apa yang terkandung di dalam setiap detail pelajaran tersebut? Nah, setelah lama mengutak-atik otak, berpikir keras, aku menemukan sedikit cerminan manfaat dari Matematika bagi kehidupan pribadi. Salah satunya, dari deretan angka terkecil termasuk nol hingga terbesar memiliki falsafah kehidupan yang luar biasa. Contoh: – pertama, angka 0 (nol), ketika berada di posisi terdepan, meskipun tak terlalu dihargai secara nominal, angka nol selalu mendukung angka yang berada di belakangnya. Begitu pun ketika berada di posisi terbelakang, angka nol pun tak pernah jenuh menyokong angka di hadapannya hingga angka-angka tersebut terbaca keberadaannya. Filosofinya, angka nol merupakan perlambang kesetiaan, konsisten terhadap apa yang diyakininya. Bagaimana pun situasi dan kondisi yang dialami, harus tetap pada pendirian, nggak mudah goyah dengan segala rentetan cobaan yang menguji kesabaran. Calm down! – kedua, angka 1. Ketika berada di posisi terdepan, angka tersebut bisa menjadi angka terbesar (dalam artian penyebutan peringkat) dan ketika berada di posisi terbelakang ia akan kembali seperti semula layaknya bilangan kecil. Sama juga dengan angka 9 yang tak pernah protes ketika di posisikan sebagai angka terkecil (penyebutan peringkat) dalam urutan terbelakang dan siap di posisikan sebagai terbesar layaknya kodrat angka tersebut. Filosofinya, kehidupan merupakan roda-roda kenyataan. Adakalanya kita berada di posisi teratas, suatu saat kita pun akan merasakan berada di posisi terbawah, dan itu mutlak, nggak bisa ditawar, tinggal menunggu giliran. Selain itu, falsafah dua angka ini juga memiliki arti mampu memposisikan diri; mampu memimpin ketika dibutuhkan dan mampu dipimpin ketika diharapkan. So, nggak menurutkan ego masing-masing, harus ada keserasian, karena memang manusia jelas saling membutuhkan. Dan manfaat terbesar dari mempelajari “Matematika” di luar kemampuan dalam hal hitung-menghitung, secara pribadi Matematika adalah mata pelajaran yang hanya dengan detail kecilnya telah mampu menjadi media perenungan, bahwa kehidupan sudah layaknya begitu dan itu nggak perlu dipermasalahkan, tinggal bagaimana penyikapan dalam menghadapi ketentuan-ketentuan yang ada.

    Terima kasih!

    Like

  20. Nama: pramestya
    Twitter: @p_ambangsari
    Link: https://twitter.com/p_ambangsari/status/670069805580439553
    Jawaban:

    Pelajaran favoritku ada banyak, tergantung sikon & gurunya:D
    Kalau dari dulu sampai sekarang aku suka banget sama pendidikan agama, pelajaran yang penting banget bagi hidupku. Kalau nggak ada pelajaran itu entah gimana sama hidupku, mungkin bakal terus tersesat. Ditambah aku sekolah di sekolah umum, jadi keagamaan hanya lebih sedikit daripada pembelajaran ilmu keduniaan:D untunglah Indonesia masih peduli sama agama, jadi aku bisa tetap menguatkan imanku.

    Pelajaran fav kedua itu, bahasa Indonesia. Menurutku itu asyik dan mudah, walau kadang kebanyakan teori yang nggak selalu digunain di saat hidup. Manfaat bagiku, bisa ningkatin kemampuan sastra dan berkomunikasi. Penting banget buat orang yang minat jadi sastrawan, penulis, jurnalistik, dll.

    Yang ketiga, aku ngefavoritin Sejarah (maklum anak ips :v ). Manfaat bagiku, bisa ngungkapin analisisku tentang sejarah-sejarah jadul. Terus aku juga bisa latian ngerangkai kata dengan baik, soalnya tuh ya, sejarah itu pasti disuruh ngejelasin sesuatu maka itu aku harus ngejelasin dengan kata yang sebaik mungkin.

    Yang keempat, dulu aku pernah ngefavoritin biologi sampai sampai ikut ekskul klub biologi selama dua tahun saat smp :v. Manfaatnya, aku jadi tahu banyak hal dan nilai ulangan biologi selalu lumayanlah 😀

    Dari semua pelajaran favorit dan nggak, tanpa sadar sangat berguna/bermanfaat dalam hidupku, entah tiba-tiba ada kuis atau ditanyain sesuatu dan syukur karna pelajaran di sekolah jadi bisa jawab. Hehehehe arigatou GAnya, semoga boleh jawab lebih dari satu mapel favorit. Thanks kak

    Like

  21. Nama: Evita
    Akun: @evitta_mf
    link share: https://twitter.com/evitta_mf/status/670299509939830784

    Jawaban:
    Pelajaran favoritku itu pelajaran bahasa. Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Banyak banget manfaat yang aku dapat dari dua pelajaran favorit ini.
    Yang pertama pelajaran Bahasa Indonesia, karena pelajaran ini aku bisa nulis dengan baik dan benar. Tahu tanda baca, bagaimana menulis kalimat efektif, dan bagaimana menghindari pemborosan kata. Dari SD aku udah suka nulis dan baca. Makanya aku suka pelajaran bahasa Indonesia. Banyak hal yang masih ingin aku pelajari dari pelajaran bahasa Indonesia.
    Yang kedua Bahasa Inggris. Bahasa Inggris itu pelajaran kedua favoritku setelah bahasa Indonesia Saat ini juga aku lagi ambil kuliah jurusan bahasa Inggris. Semua pelajaran yang udah aku dapet dari SD sampai SMA bener-bener aku rasain manfaatnya saat ini ketika kuliah. Aku juga udah praktek ngajar di SD, SMP, dan SMA. Dulu aku yang duduk denger dan merhatiin guru bahasa Inggrisku dan sekarang malah jadi guru yang ngajarin bahasa Inggris. Rasanya nggak bisa dibayangin deh, ada rasa senang dan bangga bisa berbagi ilmu buat orang lain. ^^
    Sebenernya sih gara-gara nggak pinter itung-itungan aja sih makanya suka banget pelajaran bahasa hahah XD

    Like

  22. Nama : Lestari Sinta
    Akun Twitter : Lestari_Sinta27
    Link Share : mobile.twitter.com/Lestari_Sinta27/status/669991569454333953?p=v

    Jawaban :
    APA PELAJARAN FAVORITMU DAN APA MANFAAT YANG KAMU DAPAT DARI PELAJARAN TERSEBUT ?

    MATEMATIKA

    Sejak SD aku sudah menyukai matematika.. Mungkin karena matematika itu misterius dan bikin penasaran. Matematika itu sangat bermanfaat, bidang apa saja pasti butuh matematika. Dengan matematika aku bisa menjelajahi hidup serta terlatih untuk berpikir secara rasional, logis, dan penuh perhitingan.

    Like

  23. Nama : Annisa Zulfa Nur Azza
    Akun Twitter : @annisa_nurazza
    Link Share Giveaway : https://twitter.com/Annisa_nurazza/status/670489864543031296

    APA PELAJARAN FAVORITMU DAN APA MANFAAT YANG KAMU DAPAT DARI PELAJARAN TERSEBUT ?
    Jawaban :

    Pelajaran favorit aku BAHASA INDONESIA
    Gapeduli pada bilang bahasa indonesia itu susah , apalagi waktu ujian bacaannya panjang – panjang dan pasti di suruh analisis unsur – unsur kan, mana CBT lagi melototin bacaan panjang-panjang di komputer rempong bikin mata sakit.

    Tapi bagi aku BAHASA INDONESIA itu pelajaraan favorit , secara aku paling suka kalau di suruh ngarang sama membaca. Dan itu semua ada di Bahasa indonesia , Mulai ngarang puisi,cerpen dll. banyak bacaan juga di buku paket b.indo yang buat aku menarik dan selalu seru buat di baca. Jadi kalau stok bacaan habis nih aku sempat beberapa kali baca buku paket b.indo padahal malam minggu. ya karena disana banyak banget bacaan yg bisa aku baca. Aku juga gapernah merasa belajar kalau lagi belajar b.indo karena belajar ku baca cerpen , puisi , dll malah rasanya kayak lagi ngerjain hobbi dan bsknya nilai ku juga selalu bagus.Apalagi di SMA ini guru B.indonesianya juga enak,gak bikin aku ngantuk kalau belajar b.indo. jadi makin paham aja deh

    Di Bahasa indonesia juga aku jadi tahu penulisan yang benar ,Kata baku dan tidak baku,majas,diksi, dll yang bisa aku aplikasikan kalau aku lag mengikuti lomba-lomba mengarang. seperti mengarang puisi. Dan sudah ada sekitar 5 puisi ku yang ada di beberapa buku antologi puisi .
    Selain itu,manfaatnya kalau ada orang asing yang datang di indonesia kita bisa meunjukkan b.indonesia yg baik dan benar. Miris banget lihat skrg banyak org indonesia yang lebih bangga menggunakan istilah-istilah asing dr pada bahasa indonesia sendiri.

    Like

  24. Nama : Rizky Novianti
    Twitter : @ritzkyy99
    Link share : https://twitter.com/ritzkyy99/status/670738466892812288

    Pelajaran favorit saya semenjak SMA sih Seni Rupa. Sebenernya nggak bakat-bakat gambar banget sih, tapi ya lumayan sih ‘ngoker-ngoker’ pake pensil walaupun hasil akhirnya malah jadi ruwet dan gak jelas hehe. Apalagi di tengah kebosanan dan keenekan (serius enek) saya dengan mata pelajaran Matematika dan yang lain yang gak kalah bikin rambut ngejebrik. Gambar-gambar itu menurut saya semacam kegiatan me-refresh otak sih, termasuk meningkatkan kinerja otak kanan, karena kita kan sebagai pelajar lebih sering pake otak kiri buat itung-itung, hafalan, dan yang sejenis itu deh. Kebayang kan kalau kita bisa liat kondisi otak kiri kita? Mungkin punya saya sedikit lagi masuk gawat darurat karena selalu stress mikirin eksak. Jadi gambar-gambar dan yang lain yang pokoknya ada hubungannya sama seni itu sebagai penyeimbang. Dari segi gurunya, gurunya mah enak banget kalo ngajar, serba selow, gak pernah nuntut muridnya misal buat gambar harus bagus dan waktu buat ngumpulin tugas itu luaaamaaa kadang dikasih satu bulan juga pernah, kok ya sifatnya kaya bapak sendiri, apalagi waktu lagi ngajarin gambar, kadang gurunya ini keterusan asyik ngoret-ngoret di buku gambar muridnya, muridnya mah pura-pura lupa. Hehe, namanya juga seni rupa, apa yang digambar ya biasanya mewakili perasaan, terusan nih ya, gak pernah pelit buat kasih nilai. Terus yang lebih lucunya lagi, kalau UTS atau UAS tuh, kita bukan lagi dikasih kisi-kisi tapi soalnya langsung daaannn garapnya di rumah. Iya lucu. Pokoknya, seni rupa mah kurang apa lagi coba? Top deh XD

    Like

  25. Nama : Rizky Novianti
    Twitter : @ritzkyy99
    Link share : https://twitter.com/ritzkyy99/status/670738466892812288

    Pelajaran favorit saya semenjak SMA itu Seni Rupa. Yaaa, walaupun gambar saya gak bagus sih, malah kayanya gak ada unsur seninya karena lebih menggambarkan keruwetan dalam diri saya hehe. Seni juga bisa buat me-refresh otak sih. Apalagi saya gak suka banget tuh sama pelajaran yang berhubungan sama itung-itungan kayak Matematika dan kawan-kawannya yang pokoknya gak banget deh sama saya. Apalagi sebagai pelajar, saya lebih sering mempergunakan otak kiri ya buat itung-itungan lah, hafalan lah. Errr, kebayang gak sih kalau saya sendiri bisa jalan-jalan melihat kondisi otak kiri saya? Kesambar petir kali ya saking ruwetnya hehe. Nah, kalau seni ini kan pakenya otak kanan, jadi ya menyeimbangkan kinerja otak kanan dan kiri.
    Dari segi guru sih saya suka pake bangeeettt. Namanya Pak Win, serba enak kalo ngajar, kaya bapak sendiri *ngaku-ngaku* apalagi kalau dia lagi ‘show’ langsung gambar di buku gambar muridnya. Suka keasyikan sendiri kayanya, jadi yaaa, muridnya suka berlagak lupa dan akhirnya bagus gambarnya (Iya, gurunya yang bekerja) *murid gak bisa dicontoh ini* Terus serba selow kalau ngasih tugas, pernah tuh ya dikasih waktu sebulan buat gambar itu-itu aja, gak pernah bikin stress deh yaaa walaupun akhirnya ruwet juga sih gak ada unsur nyeninya sama sekali. Gurunya juga gak pernah nuntut murid harus gambar yang bagus. Pokoknya mah bebas berekspresi, katanya kan apa yang digambar itu mewakili perasaan. Yak terutama perasaan saya yang serba galau, ruwet, gundah gulana *halah* Daaan yang paling lucu itu kalau ada UTS atau UAS. Bukan sekedar kisi-kisi tapi terkadang langsung soalnya, panjang sih -_- Kalau kasih nilai juga enak banget euy, gak peduli itu gambar bahkan gak terdefinisi, tetep ajaaa bagus :’) Kurang apa coba seni rupa itu? Makin cinta deh hehe XD

    Like

  26. Nama : Rizky Novianti
    Twitter : @ritzkyy99
    Link share : https://twitter.com/ritzkyy99/status/670738466892812288

    Pelajaran favorit saya semenjak SMA itu Seni Rupa. Yaaa, walaupun gambar saya gak bagus sih, malah kayanya gak ada unsur seninya karena lebih menggambarkan keruwetan dalam diri saya hehe. Seni juga bisa buat me-refresh otak sih. Apalagi saya gak suka banget tuh sama pelajaran yang berhubungan sama itung-itungan kayak Matematika dan kawan-kawannya yang pokoknya gak banget deh sama saya. Apalagi sebagai pelajar, saya lebih sering mempergunakan otak kiri ya buat itung-itungan lah, hafalan lah. Errr, kebayang gak sih kalau saya sendiri bisa jalan-jalan melihat kondisi otak kiri saya? Kesambar petir kali ya saking ruwetnya hehe. Nah, kalau seni ini kan pakenya otak kanan, jadi ya menyeimbangkan kinerja otak kanan dan kiri.
    Dari segi guru sih saya suka pake bangeeettt. Namanya Pak Win, serba enak kalo ngajar, kaya bapak sendiri *ngaku-ngaku* apalagi kalau dia lagi ‘show’ langsung gambar di buku gambar muridnya. Suka keasyikan sendiri kayanya, jadi yaaa, muridnya suka berlagak lupa dan akhirnya bagus gambarnya (Iya, gurunya yang bekerja) *murid gak bisa dicontoh ini* Terus serba selow kalau ngasih tugas, pernah tuh ya dikasih waktu sebulan buat gambar itu-itu aja, gak pernah bikin stress deh yaaa walaupun akhirnya ruwet juga sih gak ada unsur nyeninya sama sekali. Gurunya juga gak pernah nuntut murid harus gambar yang bagus. Pokoknya mah bebas berekspresi, katanya kan apa yang digambar itu mewakili perasaan. Yak terutama perasaan saya yang serba galau, ruwet, gundah gulana *halah* Daaan yang paling lucu itu kalau ada UTS atau UAS. Bukan sekedar kisi-kisi tapi terkadang langsung soalnya, panjang sih -_- Kalau kasih nilai juga enak banget euy, gak peduli itu gambar bahkan gak terdefinisi, tetep ajaaa bagus :’) Kurang apa coba seni rupa itu?

    Like

  27. Nama : Aulia Resky
    Akun Twitter : @AuliaaRez
    link Share : https://mobile.twitter.com/AuliaaRez/status/670783192610111489?p=v

    Jawaban :

    Q : APA PELAJARAN FAVORITMU DAN APA MANFAAT YANG KAMU DAPAT DARI PELAJARAN TERSEBUT ?

    A : Kalau di tanya pelajaran favorit tentu pelajaran agama. Dulu mungkin bukan orang yang taat agama, apalagi selalu mengumbar aurat kemana-mana tapi semenjak SMP yaa tepatnya kelas 8, guru agama aku menyuruh memakai kerudung jika pelajarannya. Tapi lama kelamaan aku nyaman dan akhirnya berhijab sungguhan, tidak hanya di pelajaran itu tapi setiap keluar dari rumah. Aku juga di anjurkan untuk shalat dhuha yang biasa jarang banget di lakukan. Banyak perubahan dan manfaat yang ku dapatkan dari pelajaran agama. Aku bisa mengerti bagaimana kita harus memperlakukan orang tua dengan baik terutama ibu karena ridho Allah itu ridho orang tua sedangkan murka Allah itu murka orang tua. Selain itu aku juga tau betapa pedihnya siksaan di akhirat, hal itu membuatku terus berpacu untuk melakukan kebaikan. Mungkin terdengar tak ikhlas tapi ketika menjadi kebiasaan itu bukanlah lagi ketakutan belaka tapi memang hal yang sudah wajib kita lakukan. Pokoknya manfaatnya luar biasa, gatau sudah berapa banyak hingga aku bisa kembalo ke jalan yang lurus:”

    Like

  28. Nama : Aulia Resky
    Akun Twitter : @AuliaaRez
    link Share : https://mobile.twitter.com/AuliaaRez/status/670783192610111489?p=v

    Jawaban :

    Q : APA PELAJARAN FAVORITMU DAN APA MANFAAT YANG KAMU DAPAT DARI PELAJARAN TERSEBUT ?

    A : Kalau di tanya pelajaran favorit tentu pelajaran agama. Dulu mungkin bukan orang yang taat agama, apalagi selalu mengumbar aurat kemana-mana tapi semenjak SMP yaa tepatnya kelas 8, guru agama aku menyuruh memakai kerudung jika pelajarannya. Tapi lama kelamaan aku nyaman dan akhirnya berhijab sungguhan, tidak hanya di pelajaran itu tapi setiap keluar dari rumah. Aku juga di anjurkan untuk shalat dhuha yang biasa jarang banget di lakukan. Banyak perubahan dan manfaat yang ku dapatkan dari pelajaran agama. Aku bisa mengerti bagaimana kita harus memperlakukan orang tua dengan baik terutama ibu karena ridho Allah itu ridho orang tua sedangkan murka Allah itu murka orang tua. Selain itu aku juga tau betapa pedihnya siksaan di akhirat, hal itu membuatku terus berpacu untuk melakukan kebaikan. Mungkin terdengar tak ikhlas tapi ketika menjadi kebiasaan itu bukanlah lagi ketakutan belaka tapi memang hal yang sudah wajib kita lakukan. Pokoknya manfaatnya luar biasa, gatau sudah berapa banyak hingga aku bisa kembalo ke jalan yang lurus:”

    Like

  29. Nama : Aulia Resky
    Akun Twitter : @AuliaaRez
    link Share : https://mobile.twitter.com/AuliaaRez/status/670783192610111489?p=v

    Jawaban :

    Q : APA PELAJARAN FAVORITMU DAN APA MANFAAT YANG KAMU DAPAT DARI PELAJARAN TERSEBUT ?

    A : Kalau di tanya pelajaran favorit tentu pelajaran agama. Dulu mungkin bukan orang yang taat agama, apalagi selalu mengumbar aurat kemana-mana tapi semenjak SMP yaa tepatnya kelas 8, guru agama aku menyuruh memakai kerudung jika pelajarannya. Tapi lama kelamaan aku nyaman dan akhirnya berhijab sungguhan, tidak hanya di pelajaran itu tapi setiap keluar dari rumah. Aku juga di anjurkan untuk shalat dhuha yang biasa jarang banget di lakukan. Banyak perubahan dan manfaat yang ku dapatkan dari pelajaran agama. Aku bisa mengerti bagaimana kita harus memperlakukan orang tua dengan baik terutama ibu karena ridho Allah itu ridho orang tua sedangkan murka Allah itu murka orang tua. Selain itu aku juga tau betapa pedihnya siksaan di akhirat, hal itu membuatku terus berpacu untuk melakukan kebaikan. Mungkin terdengar tak ikhlas tapi ketika menjadi kebiasaan itu bukanlah lagi ketakutan belaka tapi memang hal yang sudah wajib kita lakukan. Pokoknya manfaatnya luar biasa, gatau sudah berapa banyak hingga aku bisa kembali ke jalan yang lurus:”

    Like

  30. Nama: Nila Faizatun Nikmah
    Twitter: @nila_nfaiza
    Link share:
    https://mobile.twitter.com/nila_nfaiza/status/671211928694317057

    https://mobile.facebook.com/story.php?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C3715453576

    Pelajaran favorit yaa. Hmmm… Aku dulu pas SMA suka banget sama salah satu bab dari pelajaran fisika, yaitu bab yang membahas tentang tata surya. Aku suka banget sama hal yang berbau alam semesta dan astronomi. Kalo manfaat sih, gak begitu bermanfaat buat kehidupan. Tapi kalo buat hobi cukup bermanfaat walopun pas SMA gak begitu mendalam mempelajarinya. Sampe sekarang juga masih terus belajar tentang tata surya, astronomi dan mitologi yunani juga, karena hal yang berbau alam semesta gak bakal habis untuk dibahas dan dipelajari. ^^
    Oh ya, satu lagi pelajaran favoritku pas SMA, yaitu pelajaran bahasa jepang, karena dari entah SD ato SMP suka sama jejepangan dan anime, sampe sekarang juga masih suka nonton anime sampe rebutan remote tv sama si adek. Akhirnya pas mau kuliah aku ambil jurusan bahasa jepang, sampe sekarang masih bermanfaat banget, khususnya buat nykripsi gini. 😀

    Like

  31. nama: Thia Amelia
    Akun twitter: @Thia1498
    Link share: https://twitter.com/Thia1498/status/671332028361650176

    APA PELAJARAN FAVORITMU DAN APA MANFAAT YANG KAMU DAPAT DARI PELAJARAN TERSEBUT ?

    Pelajaran yang paling aku sukai adalah ekonomi, tapi yang lebih spesifiknya itu akuntansinya. Ketika kelas 10, aku ga tau pelajaran apa yang harus aku sukai, karena itu aku memilih sosiologi sebagai pelajaran yang aku suka. Ketika kelas 11, ternyata ekonomi lebih bisa dipandang oleh orang-orang ketimbang sosiologi, karena itu pelajaran kesukaan ku berganti menjadi ekonomi. Lama kelamaan, ternyata ekonomi lebih enak dari sosio, jadi sampai sekarang aku lebih suka ekonomi, apalagi sekarang ada akuntansi, itu yang paling aku suka.
    Banyak banget manfaat yang aku dapet dari ‘suka dengan ekonomi’. Salah satunya ialah menjadi kepercayaan guru ekonomi ku untuk mengajar kelas lain dalam pelajaran ekonomi kali ini. Ketika SMP, aku berasal dari kampung dan bersekolah di sekolah swasta yang memang tidak ada apa-apanya, masuk SMA favorit, ternyata banyak guru yang memandang sebelah mata sekolah swasta. Menyukai pelajaran adalah salah satu cara agar aku mudah menjalurkan minat dan membanggakan swasta, dan itu berhasil. Selain otakku yang sekarang mulai terisi penuh, aku juga banyak dimintai teman-temanku untuk mengajari mereka tentang ekonomi. Dan aku selalu senang ketika diminta untuk mengajari, karena dengan mengajari atau mengamalkan, bukan hanya mereka yang akan pandai, tapi aku juga, karena belajar hal yang beru lagi dan juga dengan mengamalkan berkahnya akan terus mengalir sampai mati, itu adalah salah satu caraku menabung pahala dari sekarang. Ya, berkah dan pahala.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s