BOOKISH TAG : IJakarta – Aplikasi Perpustakaan Digital (Apps Review)

Screenshot_2015-12-11-09-53-17

Hola, Bookish.
Jadi aku hari ini mau bikin review mengenai aplikasi baru yang sekarang jadi favoritku ini ! ASLI CINTA BANGET. Haha.

Pertamanya aku ngeliat Nana (Reading In The Morning) ngeupdate soal aplikasi ini di Facebook. Awalnya gak terlalu ngeh, tapi mendadak besokannya anak-anak Estikinatic di grup heboh soal aplikasi ini. Aku pun search apps ini di Playstore dan kepoin. Sayangnya memorinya banyak banget sekitar 33.37 MB dan aplikasinya gak bisa di move ke SD Card 😦 sedangkan memory hapeku udah full banget gabisa download apa-apa lagi sejak hapeku mengenal Joox, fufufu.

Tapi setelah aku liat-liat lagi webnya dan aku ngiler sama buku-bukunya, aku pun reset total hapeku biar bisa download apps ini *anaknya effort emang* haha, dan setelah download aku seneeeeng gak nyesel !

Aplikasi ini juga mudah digunakan loh Bookish, aku kasitau caranya :

  • Pertama kalian tinggal search aplikasi ini di smartphone kalian, android dan ios (katanya bisa di PC juga sih). Namanya IJakarta. Setelah download akan muncul tampilan seperti ini

Screenshot_2015-12-11-09-40-33

  • Setelah milih login pake akun facebook atau email, kalian akan masuk ke aplikasi IJakarta
  • Yang pertama adalah page Rekomendasi. Isinya buku-buku yang direkomendasikan untuk kalian *masa sih haha*. Yang kedua page ePustaka. Isinya kumpulan instansi atau  penerbit yang sudah bekerjasama dengan IJakarta. Page ketiga itu gak ada namanya, tapi kayak Home/Timeline gitu kali ya. Isinya update-an buku yang dibaca, di add temen-temen kalian (orang yang kalian follow di apps ini).
  • Page ke empat itu Rak Buku. Isinya ada 3 : Pinjaman Buku (buku yang kita pinjam), Antrian Buku (buku yang mau kita mau pinjam tapi masih antri sama pembaca lainnya), dan Riwayat Pinjaman (buku yang udah pernah kita pinjam). Dan page kelima itu Notifikasi.

  • Untuk meminjam buku kalian tinggal search judul bukunya atau penulisnya dengan mengklik tanda kaca pembesar di kanan atas, setelah ketemu bukunya tinggal klik dan akan muncul tampilan berikut
  • Kalo jumlah salinannya tersedia, kalian bisa segera meminjam bukunya dengan klik tanda Pinjam, dan nanti filenya akan segera didownload dan masuk ke rak pinjaman kalian. Tapi kalo jumlah salinannya tidak tersedia alias 0 berarti kalian harus Antri pinjem dulu.
  • Icon buku di paling bawah tengah itu artinya orang yang lagi baca buku itu juga, dan icon jam di bawah kiri itu orang yang lagi antri buat baca buku itu.

  • Setelah download kalian bisa langsung baca bukunya, dengan tampilan seperti ini

Screenshot_2015-12-11-09-45-07

  • Icon di kiri atas itu daftar isi buku yang lagi kalian baca, icon kertas di kanan atas itu untuk mengganti tampilan ‘kertas’ bacaan (vertikal, horizontal dan curl), dan icon pita di kanan atas itu untuk mem-bookmark page yang kalian inginkan.

Screenshot_2015-12-11-09-54-01

  • Setelah selesai membaca bukunya, kalian tinggal mengembalikan dengan cara buka rak buku di bagian Pinjaman, klik tanda titik 3 berbaris di sebelah Info, lalu pilih Kembalikan.

Penting untuk diketahui, apps ini bisa kalian pake meskipun kalian gak tinggal di Jakarta ! FYI lagi, setiap harinya dibatasi hanya boleh meminjam 3 buku aja, kalo gak salah yang termasuk di Antrian juga dihitung. Aku kurang tau setiap buku bisa dipinjam berapa lama, tapi aku kemarin bukunya bisa dipinjam selama 3 hari, setelah itu bukunya otomatis hilang dari rak ku. Dan aku harus pinjam ulang supaya bisa baca.

Kekurangan apps ini di gadgetku (Sony Xperia E) itu, tidak bisa mengakses Memo, Change Style (font size, font style, spasing), dan Change Theme seperti yang disebutkan Web Ijakarta. Tapi untungnya di gadgetku, tulisannya bisa di zoom sih jadi mengurangi kesiweran mataku baca tulisan kecil-kecil terus tampilannya aku ubah menjadi vertikal, udah deh bisa anteng bacanya  hehe. Satu lagi kekurangannya, ada beberapa buku yang pas di search ga nemu, tapi pas gak sengaja liat rekomendasi sana sini eh bukunya ada.

Aplikasi ini sangat berguna untukku yang sering dilanda virus bokek menahun, jadi aku bisa tetap baca buku tanpa harus beli dulu (yah walaupun gak semua wishlistku ada disini, menurutku aplikasi ini sudah cukup kok, tapi kalo lebih banyak lagi yang bekerjasama tentu koleksinya akan lebih lengkap ya, semoga aja).


Seluruh informasi lengkap mengenai aplikasi Ijakarta ini bisa kalian baca lebih jelasnya di WEB IJAKARTA.

Selamat menggunakan dan selamat membaca, Bookish !

♣ tiaraorlanda ♣

Advertisements

4 thoughts on “BOOKISH TAG : IJakarta – Aplikasi Perpustakaan Digital (Apps Review)

  1. Iih, aku juga dari beberapa hari lalu pake iJakarta ini, Kak.. emang deh rekomen banget buat yang suka baca tapi bokek mulu, hahaaa.. Kalau aku sih download ini via pc hihi.. suka banget lah sama apps inii, apalagi kalau penerbit major yang kerjasama nambah, ugh enaaak hihii

    Like

    • oh bisa via pc juga yaa ? lbh enak pasti ya gak siwer , cuma aku suka baca pas mau tidur -_- wkwk. IYAAA ! Kayak gini aja udah bikin jatuh hati, apalagi kalo makin bnyak penerbit majornya :p haha

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s