Book Review : Riana: I’m the Other Woman oleh Fifi Mardhi

Started : 03 Februari 2016 – Finished : 04 Februari 2016

24717927

RATING : ★★☆☆☆

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2015
Harga : – (Baca di Ijakarta)
Jumlah halaman : 179 halaman
ISBN : 978 – 602 – 031 – 313 – 9

First Sight :
Aku tertarik dengan kover buku ini, dan juga tertarik sama judulnya. Pas mau baca sama sekali gak liat sinopsisnya dulu, tapi dari judulnya sih aku ada sedikit tebakan buku ini bakal bercerita tentang apa.


Stories :
Nien, seorang penyiar radio swasta di Jakarta bermaksud membantu sahabatnya Lena untuk mendapatkan Sam. Dia pun lantas mengakrabkan dirinya pada Sam untuk mencari tau perasaan Sam pada Lena. Sayangnya, niatnya malah membuat keadaan semakin runyam.

Na, seorang wanita yang menduduki posisi Head of Business Development and Legal di sebuah kantor penyedia jasa konsultan bisnis, dia bermain api dengan kliennya sendiri. Lukman. Lukman memang berbeda dengan lelaki lainnya. Akan luluhkah Na ?

Menjadi seorang insomnia, menjadikan Rie sering aktif di malam hari. Baik menonton, chat di Yahoo! Messager, smsan dengan teman temannya, dsb. Saat itulah Rie kembali bertemu Adit, temannya semasa dulu. Malam Rie kembali gemerlap, dan Adit mulai masuk ke hidupnya. Tapi sebuah telepon di malam itu menghilangkan pendar malam Rie.

Ria berkenalan dengan Bagas saat Rury terlambat datang ke pesta itu. Ria dan Bagas ternyata adalah orang yang sama-sama hobi makan. Bagas sering menemui Ria walau hanya sebentar, walau hanya untuk menikmati sepiring makanan. Ria merasa Bagas adalah orang yang tepat sampai ibu Bagas datang menemui Ria di kantornya.

Aya berpikir. Bukan sekedar berpikir tapi juga menganalisa, kira-kira hal apa yang yang dia sukai dari Teddy. Aya jatuh cinta kepada Teddy. Yang secara de facto adalah belahan jiwanya, tapi secara de jure bukanlah miliknya.

Kelima orang ini memiliki kesamaan dengan Riana. Mereka gagal dalam hubungan asmara. Sepertinya dewi keberuntungan tidak berpihak pada mereka. Selain sama-sama gagal, ada kesamaan lainnya dalam diri kelima orang ini dengan Riana.

Apa sebenarnya benang merah yang menghubungkan mereka ? Benarkah Riana mengenal semuanya ? Baca selengkapnya di Riana : I’m the Other Woman !


Something (+) From ‘Riana: I’m the Other Woman’ :
Aku suka dengan ide cerita buku ini. Aku suka kovernya juga dan pembahasan di beberapa bab. Contohnya di bab 1 aku suka selipan mengenai dunia radio gitu, jadi aku tambah tau juga. Dan di bab 2 ada selipan tentang pekerjaan sebagai konsultan bisnis.


Something (-) From ‘Riana: I’m the Other Woman’ :
Dengan ide cerita yang sebenarnya menurutku cukup menarik, sayang eksekusinya kurang baik. Tiap cerita terasa berlalu begitu saja tidak meninggalkan cukup kesan. Entah, mungkin karena memang diatur begitu jadi hanya singkat saja biar benang merah di akhir cerita lebih mengejutkan, mungkin ?

Lalu ada part yang menurutku agak janggal. Di halaman 119-120 (Bab : Untuk Bagas…) berikut aku kutip :

Ria masih tetap tersenyum, menampilkan ketenangan khas seorang pengacara, meski kepalanya seperti dijatuhi palu godam superberat sejenis yang dimiliki Thor. Ibu itu meraih tasnya dan pergi tanpa permisi.

Ria masih tidak bisa menghilangkan kekagetannya yang luar biasa.

aku merasa bagian ini agak janggal karena disana tidak disebutkan bahwa Ria merasa kaget, cuma diberitahu dia berusaha tenang.

Menebak isi cerita buku ini tidaklah sulit, karena ini bukan pertama kalinya aku membaca buku dengan ide cerita seperti ini. Dan juga di beberapa bab sebenarnya sudah menunjukkan arah ceritanya.


Quotes :

Sometimes people cry not because they are weak, but because they have been strong for too long (Hal 114)

Good things will come to those who wait. Embrace yourself. Have fun. It;s not like the world will end when you don’t have a man at your side (Hal 171)

tiaraorlanda ♣

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s