Posting Bareng BBI : #BBIChildrenBooks

Hola Bookish. Akhirnya aku ikutan lagi Posting Bareng BBI setelah 2 bulan absen. Untuk bulan ini Divisi Event menetapkan #BBIChildrenBooks sebagai temanya.

Menurutku buku anak-anak adalah salah satu hal penting yang harus dibikin menarik untuk menunjang minat baca sedari dini. Selain tampilan yang menarik, mungkin isi cerita dan tokoh juga berpengaruh. Sayangnya tokoh yang berasal dari Indonesia masih kurang kuat. Kalau jaman 90’an kita punya Si Komo, jaman sekarang sepertinya idola anak-anak tidak ada yang berasal dari lokal lagi. Entah karena minimnya tokoh yang ada atau memang tokoh yang sudah ada kurang menarik. Selanjutnya harga buku juga berpengaruh. Sekarang ini harga buku anak-anak terbilang mahal bahkan nyaris menyaingi novel-novel. Padahal ditilik dari jumlah halaman, sudah jauh berkurang. Sebut saja Bobo, Donald Bebek, Cerita Dongeng Rakyat, yang berharga belasan ribu (ini yang terakhir aku lihat, sekarang sudah tidak tahu berapa persisnya harganya), tapi jumlah halamannya bikin anak-anak setengah hari saja sudah selesai membacanya. Tapi tetap ya balik lagi, hal paling kuat menurutku adalah jaman atau tren. Dimana anak kecil sekarang (sok tua, okesip) lebih banyak berkutat dengan gadget sehingga ya minat baca pun menurun.

Mudah-mudahan untuk kita yang punya adik atau para orangtua yang masih mampu beliin buku buat anak-anak kecil ini,  bisa menyisihkan sedikit biar mereka sendiri bisa menumbuhkan minat bacanya dari kecil. Atau buat yang merasa harga buku atau majalah anak-anak memberatkan mungkin bisa diakali dengan meminjam di taman baca (kalau ada) atau beli di tukang majalah tapi yang edisi sebelumnya. Di kotaku ada sih. Jadi misalkan yang sekarang terbit edisi 10, biasa dia masih punya stok edisi 8-9 gitu, dan itu dijual lebih murah. Di tukang majalah lama juga banyak, bahkan harganya bisa lebih murah setengahnya. Yang penting kan masih bisa dibaca. Atau alternatif lainnya bisa memanfaatkan sale-sale di toko buku contohnya Gramedia kan sering bikin sale, coba deh ubek-ubek bisa jadi kamu nemuin buku anak-anak yang bagus dan murah disana.


Untuk tema #BBIChildrenBooks ini, aku punya 3 buku untuk aku sertakan sebagai rekomendasi :

cover arsip yang hilang 13.5x18.5cm PUTIH

Misteri Arsip yang Hilang oleh Tabita

Penerbit : PT. Bhuana Ilmu Populer (BIP)
Tahun terbit : 2010
Harga : Rp 5000 (sale di Gramedia)
Jumlah halaman : 98 halaman
ISBN : 978 – 979 – 074 – 144 – 7

Buku ini menceritakan petualangan lima anak kecil dan mereka akan menyelidiki misteri hilangnya arsip Pak Elpidauer, tetangga mereka yang rumahnya baru saja kemalingan. Awalnya mereka hanya berkunjung kerumah Pak Tua itu untuk menjenguk tapi siapa sangka keterangan Pak Tua itu tentang kejadian kemalingan justru dirasa janggal oleh mereka. Dan mereka memutuskan menyelidiki misteri ini.


Cover Buku Misteri di Pasar Swalayan

Misteri di Pasar Swalayan oleh Tabita

Penerbit : PT. Bhuana Ilmu Populer (BIP)
Tahun terbit : 2010
Harga : Rp 5000 (sale di Gramedia)
Jumlah halaman : 154 halaman
ISBN : 978 – 979 – 074 – 112 – 6

Misteri di Pasar Swalayan bermula ketika Bibi Dahlia, bibi Marie dan Cay yang paling jenaka dituduh bertanggung jawab atas kehilangan yang terjadi di Blogmart, swalayan tempat ia bekerja. Kelima anak ini pun lantas harus segera memecahkan misteri ini agar Bibi mereka selamat dari tuduhan itu.


Cover Buku Misteri di Peternakan

Misteri di Peternakan Peter Carlson oleh Tabita

Penerbit : PT. Bhuana Ilmu Populer (BIP)
Tahun terbit : 2010
Harga : Rp 5000 (sale di Gramedia)
Jumlah halaman : 158 halaman
ISBN : 978 – 979 – 074 – 143 – 0

Misteri di Peternakan Peter Carlson menceritakan tentang misteri hilangnya seekor sapi dari Peternakan Peter Carlson. Yang aneh adalah Bessie, sapi kesayangan Meg itu adalah sapi yang kurus dan bahkan sudah tua. Kelima anak ini akhirnya memutuskan mencari tahu siapa pencuri Bessie dan apa tujuannya.

***

Ketiga buku ini menceritakan tentang petualangan lima anak kecil bernamaa Alice, Echa, Marie, Cay dan Ilvi yang menarik. Bisa dibilang ini mirip dengan Lima Sekawan atau Pasukan Mau Tahu yang ditulis Enid Blyton hanya versi anak kecilnya. Sehingga misteri yang dipecahkan pun tidak rumit dan bahasanya pun lebih sederhana. Isi ceritanya cocok dibaca anak-anak berusia 6-13 tahun dimana tokoh anak-anak dalam buku ini pun berusia 6 tahun dan 10 tahun. Buku ini tidak banyak memiliki gambar, hanya beberapa ilustrasi hitam putih saja.

Alasan lain aku menyukai buku ini karena buku-buku ini ditulis oleh Anak Indonesia. Dari data penulis yang aku baca, Tabita berumur 9 tahun saat mengarang ketiga buku ini, tapi di tahun 2010 saat buku ini terbit dia sudah berumur 11 tahun.

Oh ya ketiga buku ini memiliki logo ‘Karya Penulis Cilik’ di ketiga kovernya, aku kurang tahu apakah memang penerbit BIP membuat beberapa buku dengan seri ini atau bukan.


Yap sekian bahasan mengenai #BBIChildrenBooks versiku untuk tema Posting Bareng di bulan April ini, semoga minat baca anak-anak Indonesia semakin tumbuh dan berkembang dan semoga semakin banyak buku untuk anak-anak di Indonesia !

♣ tiaraorlanda 

 

Advertisements

2 thoughts on “Posting Bareng BBI : #BBIChildrenBooks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s