[BLOGTOUR] Book Review : Holy Mother oleh Akiyoshi Rikako + Giveaway

Started : 01 November 2016 – Finished : 01 November 2016

32450412

RATING : ★★★★★

Penerbit : Haru
Tahun Terbit : 2016
Harga :
Jumlah halaman : 284 Halaman
ISBN : 978 – 602 – 774 – 296 – 3

Stories :

Mayat siswa kelompok bermain ditemukan di Tokyo, Kota Aiide. Kasus pembunuhan abnormal ?

Kota Aiide yang semula aman telah berubah sejak ditemukannya mayat seorang anak kecil. Korban masih berusia empat tahun, kemaluannya terpotong dan mendapat perlakuan kekerasan seksual.

Honami yang memiliki gadis kecil yang seumuran dengan korban pembunuhan itu seketika merasa cemas. Bahkan lokasi pembunuhannya pun berada tak jauh dari rumah mereka. Honami bertekad dia harus melindungi putrinya. Dia rela melakukan apa pun dan akan mengerahkan seluruh kekuatannya untuk meyakinkan keamanan putrinya.

Pihak kepolisian juga detektif Sakaguchi dan Tanizaki berlomba dengan waktu menyelesaikan kasus pembunuhan anak-anak yang terjadi di Aiide. Sayangnya mereka terpaksa memulai penyelidikan dari awal saat korban kedua ditemukan.

Simak kelanjutannya dalam ‘Holy Mother‘ !


Something (+) and (-) From ‘Holy Mother’ :
Holy Mother adalah buku ketiga Akiyoshi Rikako yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh Penerbit Haru. Buku ini bergenre thriller yang menceritakan tentang kasus pembunuhan anak-anak disertai kekerasan seksual yang terjadi di Kota Aiide.

Cerita ini dimulai dari keresahan Honami tentang kasus pembunuhan yang mungkin akan mengancam keamanan putrinya. Selanjutnya penyelidikan demi penyelidikan yang dilakukan kepolisian berlanjut.

Saat pertama kali ditawari Penerbit Haru untuk membaca buku ini aku sudah tertarik karena buku ini bergenre thriller, genre yang belakangan ini sedang aku sukai. Sempat mengintip beberapa review pembaca di Goodreads tampaknya buku ini menyandang status ‘plot twist super menipu’ yang membuat aku semakin tidak sabar untuk membaca sendiri si plot twist dalam Holy Mother ini.

Yang keluar dari perkiraanku adalah  ternyata penulis sudah memberitahu siapa pelaku pembunuhannya sedari bab awal. Dengan itu juga aku diajak mengetahui bagaimana pelaku melakukan pembunuhannya, alat-alat yang digunakannya untuk membunuh korban juga bagaimana perasaan si pelaku setelah membunuh. Mungkin karena hal ini maka Haru melabeli buku ini dengan label ‘Novel Dewasa’ di belakangnya dikarenakan cara pembunuhannya yang diceritakan dengan mendetail.

Selanjutnya setelah diberitahu pelakunya aku lantas berpikir, sekarang apalagi ? Dengan embel-embel plot twist yang menipu tentu ada kejutan yang sudah disiapkan buku ini.

Ternyata benar. Banyak sekali hal-hal yang lantas bisa membuatku memunculkan dugaan ala-ku sendiri. Dari sekian banyak dugaan-dugaan yang aku buat selama membaca Holy Mother, nyatanya dengan hebatnya si penulis menggugurkan dugaan demi dugaan yang aku buat sehingga akhirnya aku tak punya pilihan lain selain mengikuti saja ceritanya tanpa dugaan apa pun.

Setiap memasuki bab baru dalam Holy Mother terkadang menjawab pertanyaanku terkadang memunculkan keanehan dan misteri lain. Seru. Buku ini sangat bisa menjaga dengan baik rasa penasaranku selama membaca bahkan hingga ke halaman-halaman terakhir.

Setelah sampai di akhir cerita dan diterjang plot twist yang mengejutkan itu, aku sempat membaca ulang beberapa bagian cerita untuk menjawab pertanyaanku. Berharap menemukan ‘celah’ dalam buku ini, sayangnya tidak ada celah. Semuanya rapi sekali. Aku menyadari penulis ini cerdas. Dia menyisipkan sedikit petunjuk untuk menjawab misteri yang mungkin muncul dan juga membuat pernyataan kecil yang bisa membuatku (mungkin sebagian pembaca lainnya) tertipu.

Holy Mother memiliki banyak interaksi tokoh di dalamnya dan semuanya memiliki porsi yang sama. Sama menarik dan sama pentingnya. Menurutku ini salah satu faktor bukunya semakin menarik karena membuat fokusku terpecah dan mulai mencurigai banyak orang dan membuat hipotesa sendiri.

Terkait penulisan, aku tidak menemukan adanya typo atau kalimat yang sulit dimengerti mengingat biasanya novel terjemahan seringkali berisi beberapa kalimat-kalimat yang seperti kurang tepat, tetapi Holy Mother ini terjemahannya pas. Tidak terasa seperti membaca novel terjemahan.

Aku sangat menikmati membaca Holy Mother karena sensasi ‘tertipu twist’ yang sudah lama tidak aku rasakan. Setelah membaca Holy Mother sepertinya aku akan membaca lagi karya Akiyoshi Rikako lainnya.

***

14639582_1135634236491007_7676482027247329782_n

Bagi kalian yang tertarik membaca kisah pembunuhan di Aiide, hal apa yang melatarbelakangi kasus ini juga merasakan sendiri bagaimana plot twistnya, aku dan Penerbit Haru akan mengadakan Giveaway untuk kalian ! Simak ketentuan di bawah ini :


BOOK GIVEAWAY
12  – 19 November 2016 | PENGIRIMAN HANYA DI WILAYAH INDONESIA


  1. Follow blog Bookish Story dengan klik follow atau follow melalui E-mail
  2. Follow akun twitter @tiaratier_ dan @penerbitharu
  3. Promosikan Giveaway ini di twitter kalian, mention @tiaratier_ dan @penerbitharu dan jangan lupa sertakan hashtag #GAHolyMother (boleh dilakukan setiap hari)
  4. Tuliskan di bagian kolom komentar Nama, Akun Twitter (untuk menghubungi kalian jika menang), Link Share Giveaway, dan Jawaban untuk pertanyaan : Kekerasan Seksual adalah salah satu hal yang dapat mengusik kedamaian, beritahu aku apa hal yang dapat mengusik kedamaianmu  dan sertakan alasannya.

Tersedia 1 (satu) buku Holy Mother
Pemenang diumumkan beberapa hari setelah Giveaway berakhir

PS : Kalian dapat mengikuti giveawaynya di 5 (lima) blog diatas sekaligus. Semoga beruntung !


tiaraorlanda ♣

Advertisements

48 thoughts on “[BLOGTOUR] Book Review : Holy Mother oleh Akiyoshi Rikako + Giveaway

  1. Assalamualaikum
    Nama : Khaerunnisa
    akun twitter : NhisaMinoz75
    link share : https://mobile.twitter.com/NhisaMinoz75/status/797268246604943360?p=v
    jawaban : hal yang dapat mengusik ketenangan saya adalah orang yang selalu mencampuri urusan saya dan selalu menjudge kita tanpa tau diri kita sebenarnya itu seperti apa. Manusia mana yang tidak akan terusik jika ada orang selalu ikut campur dalam urusan kita tanpa tahu permasalahannya serta selalu menjudge kita padahal dia tidak tau diri kita itu seperti apa.
    Terima Kasih mbak.

    Like

  2. Nama: Ziyyanah walidah
    Twitter : zizin_alhamid
    Link: https://mobile.twitter.com/zizin_alhamid/status/797293242349821952

    Yang bisa mengusik ketenanganku adalah ketika orang2 bilang bahwa ibuku akan menikah lagi. Aku tidak suka itu, mereka bilang aku egois, iya memang aku egois karena aku melarang ibuku menikah lagi. Tapi apakah mereka pernah menanyakan alasan kenapa aku melarang ibuku menikah lagi? TIDAK mereka tidak pernah bertanya. Mereka hanya bisa menilai dari apa yang mereka lihat padahal apa yang mereka lihat belum tentu menggambarkan kebenaran. Terus kenapa mereka selalu menggodaku dengan mengatakan hal itu. Aku sangat membencinya dan sangat sensitiv akan hal itu. Sampai2 terbawa mimpi, hal buruk yang menimpa ayahku dan ibuku, dan tidak bisa konsen belajar di kelas. Kalau ada yang menyinggung hal itu pasti aku akan seperti orang linglung yang suka melamun dan akan menangisi sakit hati akan ketidak relaanku jika ibuku menikah lagi setelah itu aku pasti memimpikan ayahku. Aku benci dengan mereka yang selalu mencampuri urusanku dengan keluargaku, aku benci dengan mereka yang selalu kepo akan masalah keluargaku. Uruslah masalahmu sendiri jangan suka mencampuri urusan orang lain.

    Like

  3. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91
    Link share : https://twitter.com/hensus91/status/797298214034472960

    Hal-hal yang bisa mengusik kedamaianku antara lain : 1) Ketidakpedulian seseorang pada sekitarnya, entah itu kebersihan, kedisiplinan, lingkungan, kenyamanan maupun ketenangan orang lain. 2) Sikap tidak mau tahu dan seenaknya sendiri yang kadang merugikan sekitar. 3) Sikap seseorang yang merasa paling benar dan paling tahu sehingga suka merendahkan bahkan menjudge orang lain sesukanya tanpa konfirmasi jadi sering jadi fitnah.

    Hidup di desa kecil membuat hal-hal itu jadi sangat mengganggu kedamaian.

    Demikian dan terima kasih 🙂

    Like

  4. Nama : Deria Anggraini
    Twitter : @deriaanggraini_
    Link share : https://mobile.twitter.com/DeriaAnggraini_/status/797323163206029313?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C5586011164

    Jawaban : Disaat ada org yg membicarakan keburukan org lain, yg merasa dirinya baik dan tdk punya keburukan. Saat ini banyak org kayak gitu, menjudge seseorang tanpa tau kisah2 mereka atau tau mengapa mereka melakukan itu. Rasanya pgn teriakin ke org yg ngejudge itu kalo mereka sbnrnya nggak tau apa2. Karena pasti dunia akan lebih baik lagi kalo kita saling mengasihi tanpa harus ngomongin org di belakang.

    Like

  5. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95

    Sebenarnya ada banyak hal yang bisa mengusik kedamaian saya seperti orang yang berisik saat saya lagi baca buku, yang mengganggu atau membuat saya jengkel saat sedang tidak ingin diganggu. Atau orang sok akrab di sosmed yang awalnya mengajak berteman tapi lama kelamaan berlaku kurang ajar seperti mengirim foto-foto porno atau mengucapkan kata-kata tidak senonoh. Tapi dari semua itu yang paling nggak saya sukai dan paling mengusik kedamaian saya adalah perasaan bersalah. Memang melenceng jauh dari banyak hal yang disebutkan di atas tapi buat saya pribadi rasa bersalah adalah hal yang sangat mengganggu ketenangan dan karenanya saya tidak akan menemukan kedamaian sebelum perasaan itu benar-benar hilang. Selalu ada perasaan dihantui oleh bisikan kepala sendiri kalau saya sedang merasa bersalah terhadap sesuatu. Parno dan sebagainya yang menunjukkan ketidakmampuan saya dalam menanagani sesuatu atau kebodohan saya dalam berpikir dan bertindak hingga menyebabkan hal tidak menyenangkan pada orang lain yang ujungnya membuat saya juga merasa tidak senang terhadap diri saya sendiri. Rasa bersalah akan membuat saya kepikiran bahkan saat sedang bekerja, membuat laporan penting, membaca bahkan menonton film kesukaan.

    Like

  6. Nama: Eni Lestari
    Akun twitter: @dust_pain
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/797337192951611393

    ehm, ini sifatnya personal sih. tapi salah satu hal yang mengusik kedamaianku adalah melihat tempat yang kotor dan gak rapi. dari dulu aku emang terobsesi dengan kerapian dan keteraturan. gak sampai dalam tahap yang berlebihan sih kayak penderita OCD, tapi tetep aja rasanya jiwaku terusik kalo lihat tempat yang kotor dan gak rapi .__.

    Like

  7. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/797414902591672320
    Jawaban: bagi saya hal yg mengusik kedamaian adalah orang yg suka mementingkan dirinya sendiri tanpa mempedulikan kepentingan orang lain. Kenapa hal ini bisa membuat kedamaian buatku? Karena aku bekerja, dan pastinya berhubungan dengan orang lain sebagai teman sekantor. Dan pastinya setiap karyawan sudah ada porsinya masing-masing dan bagian yg jelas tentang deskjobnya. Aku bisa terganggu dengan orang yg ingin pekerjaannya dibantu,tetapi dia tidak mau membantu orang lain. Ada satu orang yg seperti itu di kantor,suka sebel kalo pas dibantu tapi dia malah asyik mainan hp saat jam kerja. Terang aja kerjanya keteteran,lah waktunya kerja malah mantengin hp aja. Mungkin itu satu diantara yg bisa membuat kedamaianku di tempat kerja.

    Like

  8. Nama: insan gumelar ciptaning gusti
    Akun Twitter: @san_fairydevil
    Link Share Giveaway: https://twitter.com/san_fairydevil/status/797491253822619648

    Jawaban untuk pertanyaan : Kekerasan Seksual adalah salah satu hal yang dapat mengusik kedamaian, beritahu aku apa hal yang dapat mengusik kedamaianmu dan sertakan alasannya.

    Hal yang dapat mengusik kedamaianku ketika kuota habis, signal wifi tidak terjangkau, tidak ada jaringan internet, rate download down, ada bazar buku tapi enggak bisa dateng, atau ada buku inceran tapi kantong kempes. 😆😆 Dan yang terpenting hal yang dapat mengusik kedamaianku adalah ketika ada masalah. Entah itu aku atau keluargaku. Karena apa, kedamaianku itu sederhana. Bukan sesuatu yang besar. Aku damai ketika aku tidak ada beban. Ketika aku merasa gembira. Ketika aku senang dan ketika aku bisa menjalani aktivitas sehari-hari tanpa halangan. Aku merasa damai ketika orang-orang disekitarku baik-baik saja. Aku tidak merasa terusik ketika hatiku tidak merasakan firasat buruk atau sejenisnya.
    Mungkin kedamaianku terlihat receh, tapi memang begitu adanya. Memangnya seperi apa lagi yang dinamakan kedamaian? Kalau bukan ketenangan? Itu sih kalau menurutku. Beda lagi menurut orang lain. 😊😊

    Like

  9. Nama: Rinita
    Akun Twitter: @Rinitavyy
    Link Share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/797358219932921856?p=v

    Hal yang paling mengusik kehidupanku adalah Hama.
    Aku suka berkebun, dan hampir setiap sabtu dan minggu pagi akan mengurusi bunga-bunga atau tanaman yg ada di belakang rumah. Mereka bagiku adalah hobi yg menyenangkan. Santai. Dan Rilex. Jadi, jika ada pengganggu kesenanganku, misal hama atau penyakit, yg bisa mempengaruhi keadaan fisik yg fatalnya mengakibatkan kematian, aku sangat tidak suka. Biarpun ulat makhluk hidup juga, tapi kalau menggigiti daun bisa brundul dong nantinya. Dan nggak enak di pandang mata. Jadi, aku harus segera bertindak. Supaya Hama tidak lagi mempengaruhi kehidupan tanaman-tanaman kesayangan yg sengaja aku buat itu. Karena, Menyalurkan hobi berkebun itu sama halnya aku sedang merefresh pikiran yg lagi padatnyaa, setelah di dera tugas-tugas yg tiada hentinya setiap hari.

    Like

  10. Nama: Bety Kusumawardhani
    Akun Twitter: @bety_19930114
    Link Share: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/797457387598790656?p=v

    Jawaban: Salah satu hal yang dapat mengusik kedamaianku yaitu tanpa sengaja berpapasan dengan makhluk yg katanya mirip kurma, bernama kecoak karena aku takut dan jijik sama hewan coklat itu. Bukannya menghindariku atau merasa takut padaku, dia malah berlari dengan kecepatan tinggi ke arahku dan seringnya ber-manuver terbang lalu dengan innocent-nya nemplok dan jalan-jalan di tubuhku.😱

    Like

  11. Nama : Tri
    Twitter : @tewtri
    Link Share : https://mobile.twitter.com/tewtri/status/797949574866288642

    Hidup tanpa kedamaian tuh belum bisa dikatakan hidup, menurut saya pribadi. Dan pengusik kedamaian saya sama maknanya dengan pengusik kehidupan saya. Lalu hal apakah kira-kira?
    1. Orang yang sok kenal saya luar-dalam padahal cuma tahu jika saya anak dari Bapak ini dan Ibuk itu. Lalu tiba-tiba menghakimi. Ini bener-bener mengganggu stabilitas yang udah coba saya pertahankan.
    2. Lagi lagi orang sih. Mungkin karena manusia makhluk sempurna jadi mereka berpikir bahwa mereka nggak punya cela. Sehingga gampang saja menyepelekan orang lain. Nah, saya paling terganggu kalau ada yang menyepelekan Bapak-Ibuk saya. Sumpah! Kedamaian saya bisa hancur tanpa sisa kalau orang paling penting dalam hidup saya kena senggol begini.
    3. Saya yang terlalu peduli dengan apa yang lingkungan saya ucapkan. Ini nih sumber utama perusak kedamaian. Terlalu peka huhuhu.

    Like

  12. Kiki Suarni
    @Kimol12

    Kronologi hal buat kedamaianku terusik:

    Ada orang yang masuk kamarku. Tanpa sepengetahuan/izin dariku! Terus kemudian dia ngambil barangku baik dengan dalih minjam, butuh dan ntar dibalikin. Apa lagi sampe berantakin kamarku, wah…itu rasanya semua setan ngumpul di sekeliling terus yang namanya marah udah ngumpul di ubun-ubun. Buatku, itu bener-bener mengusik kedamaianku.

    Karena aku paling gak suka orang masuk/ngambil sembarangan barang di kamarku tanpa izinku. Itu pelanggaran privasi berat. Aku paling gak tolerir sama hal itu dan biasanya kalo itu terjadi, moodku jadi jelek seharian dan bakal merepet siang-malam.
    NB:
    Kalo soal omongan/gosip tentang aku sih, aku gak begitu terusik karna aku orangnya cuek banget sama mulut-mulut penggosip.

    Terima kasih.

    Like

  13. Nama : Ana Indriyani
    Twitter : @Anaindriyani
    Link : https://twitter.com/Anaindriyani/status/798011002029625344

    Hal yang mengusik kedamaian saya adalah melihat binatang tersaikiti. Binatang apa saja. Mereka juga mahluk hidup, memiliki perasaan dan juga hak yang sama seperti manusia. Terlebih lagi pada hewan peliharaan. Jika kita sudah memutuskan untuk memelihara, seharusnya kita bertanggung jawab seperti apapun keadaanya. Ada yang cuma melihara karena trend, motif apa coba? kalau udah nggak tren terus di sia-siakan?
    Saya sebelum-sebelumnya suka memelihara anjing dan kucing, tapi dari sekian banyaknya yang saya pelihara hampir 90% mati karena diracun orang. terakhir oktober ini, dan Ibu saya sudah mewanti-wanti kalau tidak usah memelihara lagi. Ujung-ujungnya kita yang sakit hati dan harus merasa kehilangan. Sungguh kedamaian bagi semua makhluk itu berlaku juga untuk binatang.

    Like

  14. Aku merasa ketenanganku terusik ketika seseorang terlebih lagi orangtua sendiri membanding-bandingkan ku dengan orang lain.
    “Tuh lihat si A udah kerja, udah wisuda.”
    “Tuh lihat si B udah bisa bantuin orangtuanya setiap hari, kerja juga.”
    “Tuh lihat si C suka bangun pagi, kamu kerjaan ngetik gak jelas tiap malem.”
    “Mama/Papa dulu seusiamu udah bisa ini, itu. Kamu?”
    Aku rasanya pengen protes saat itu juga.
    “Please don’t judge me like that, like I’m is nothing! I’m not A, B, or C. Even not like you.”
    Please, para orangtua berhenti lah menyamakan anak-anak kalian dengan anak orang lain. Jelas saja berbeda. Selalu berdalih itu hanya sebagai contoh agar kami para anak bisa lebih semangat. Nyatanya dari intonasi lebih menjurus kepada judgement, membandingkan bahwa si A, B, dan C lebih baik dari anaknya. Bukan seperti itu memberi contoh dan dorongan yang baik. Aku merasa lebih terintimidasi dan orantua tak memercayai usahaku. Itu menyakitkan. Aku berhak memiliki pendapat dan jalan pikiran untuk hidupku dari si A, B, dan C. Sampai kapan pun aku tidak akan pernah memuaskan ekspetasi orangtua jika mereka pikir aku bisa menjadi si A, B, C, karena aku bukan mereka! Trust me, I can do the best more than them by my way. Hanya rasa percaya dan dorongan moral untuk pilihan karir ku dari orangtua sebenarnya yang menjadi motifasi.

    Like

  15. Tri Indah Permatasari
    @LiebeIs0503
    https://mobile.twitter.com/LiebeIs0503/status/798071368029995008?p=v

    Hal yang bisa mengusik kedamaianku adalah potongan-potongan kisah masa lalu yang masih meninggalkan dendam dan amàrah. Sungguh sulit untuk menepis semua itu. Meskipun sudah kuyakini aku mengikhlaskan semua masa lalu itu. Entah kenapa ketika kembali bertemu orang itu atau terjadi kisah yang sama lagi seperti dejavu. Kenangan buruk itu kembali menguar, membuatku membenci diriku yang dibodohi oleh rasa emosi, dipermainkan diri sendiri!

    Like

  16. Nama: Umi M
    Twitter: @umimarfa
    Link: https://twitter.com/umimarfa/status/798098980877914112
    Jawaban: The noise over my head! Jadi aku kadang suka nggak sadar sendiri suka overthink, awalnya emang dari sindirian orang2 yang kamu harus inilah, kamu harus itulah, awalnya aku emang jutek tapi entah kenapa otak suka muter sendiri dan seringnya jadi capek sendiri, padahal lelah pikiran lebih bahaya dari lelah fisik, malah kadang pernah sakit gara2 pikiran. Itu ganggu banget apalagi buat nyari inspirasi, atau nugas. So, adakalanya aku emang harus bisa menang melawan diri sendiri 🙂

    Like

  17. Nama: Risa A. | Twitter: @airisa__ | Link Share: https://twitter.com/airisa__/status/798101274063273984?p=v | Hal yg dapat mengusik kedamaianku adalah tatapan dari orang tdk dikenal. Aku selalu merasa kalau itu termasuk pelanggaran privasi. Maksudku, aku bkn artis yg terbiasa mendapat perhatian, atau barang-barang di etalase toko yg bisa dipandang sesuka hati. Mungkin sebagian orang akan dgn senang hati menerimanya, tapi aku lebih memilih menghilang saja. Terkadang ketika kesabaranku habis, aku akan balas memandangi mereka sampai mereka paham kalau aku tdk suka dipandangi. Seandainya pandangan bisa membunuh. Ayolah, apa orang tua mereka tdk pernah mengajari kalau menatap orang lebih dari satu menit itu tdk sopan? Dan,oh, aku juga ilfil banget sama laki-laki yg diperbudak oleh hawa nafsu. Maksudku, aku juga akan sadar kalau ada laki-laki keren lewat di depanku. Tapi aku masih bisa mempertahankan kesopanan dgn tdk memandanginya terus atau melemparkan komentar-komentar nakal.

    Like

  18. Nama : Fridalia Septiarini H
    Akun twitter : @frdliash
    Link share : https://twitter.com/frdliash/status/798177281294241794
    Jawaban :
    aku itu orang yang suka dengan ketenangan. jadi hal yang dapat mengusik kedamaian aku tentu sesuatu yang berhubungan dengan keributan. kalau berisik obrolan gitu ngga apa-apa. masih termaafkan. tapi kalau udah ada suara teriak-teriak gitu aku udah ngga bisa tahan. itu kepala bisa sampe pusing dengernya. musik keras-keras juga. itu bisa menghancurkan konsentrasi. selain itu aku orangnya introvert. jadi aku kurang bisa berada di keramaian. rasa-rasanya pengen cepat pulang aja kalau udah di tempat yang ramai. ngerasa ngga nyaman aja. ngga damai

    Like

  19. Nama: Cahya
    Twitter: @ccchhy
    Link share:

    Hal yang paling mengusikku itu sederhana saja sebabnya: aku paling nggak suka kamarku dimasukkin orang lain tanpa izin, apalagi oleh anak kecil, sekali pun itu keponakan sendiri. Aku nggak suka banget kalau barang-barangku sampe diacak-acak oleh orang lain. Ya namanya anak-anak kan sering sesukanya aja. Kalau udah bongkar, nggak mau beresin lagi. Beda kalau dengan teman sendiri yang tahu diri untuk nggak nyentuh barang orang lain seenaknya.

    Aku kan librocubicularist alias orang yang suka baca di atas tempat tidur. Kalau baca di kamar ya nggak bisa diganggu. Gimana mau tenang dan khusyu kalau ada anak kecil yang masuk dan ngacak-ngacak kamar? Apalagi mereka paling suka langsung naik kasur dan lonjak-lonjak serasa di trampolin. Ya ampun, bisa jebol kasurku… 😭

    Makanya satu-satunya cara waktu mereka sudah masuk ke kamar ya aku langsung keluar, matiin lampu sampe gelap gulita, trus ngancem nutup pintu bakal ngurung mereka gelap-gelapan di kamar. Otomatis mereka takut dan langsung ikut keluar. Tapi kalau sudah bener-bener nggak bisa diganggu ya aku kunci aja pintu kamar. Mau digedor-digedor dari luar ya terserah deh. Ehehehe 😛

    Like

  20. Nama: A’imatul Latifah
    Link share: @Aim_La27
    Link share: https://mobile.twitter.com/Aim_La27/status/798161404901531649?p=v

    Ada yang bilang “Omongan tetangga itu jauh lebih tajam dari pada sile’t”. Nah, hal itu juga yang sering mengusik ketenangan dan mengacak-acak moodku. Ngomong ini, ngomong itu!
    Sebenarnya simpel saja dan gak terlalu penting ya. Mungkin aku bisa saja cuek. Mendengar dari kuping kanan lalu langsung di keluarin dari kuping kiri. But, melakukan hal itu tidak semudah saat mereka lagi bergosip ria. Secuek apapun tetap akan membekas, tertimbun didalam hari. Ya begitulah!! Se-enggak penting apapun dan sekecil apapun kalau mengusik ya tetap mengusik saja. Tidak ada alasan paten untuk membuat itu berubah kecuali hal yang mengusik di singkirkan jauh-jauh. Hus, hus, sana!! 😀

    Like

  21. Nama: Ainhy Edelweiss
    Twitter: @PrinceesAinhy
    Link share: https://twitter.com/PrinceesAinhy/status/798363940761677824

    Jawaban:

    Salah satu yang mengusik kedamaian ku adalah BEGAL. Saat ini di kota tempatku tinggal, Makassar, sedang marak terjadi pembegalan. Pelakunya kebanyakan anak remaja. Nggak tanggung-tanggung mereka mengancam siapapun yang mereka temukan saat malam menjelang dengan menodongkan pisau atau badik untuk mengambil barang berharga mereka. Ada banyak berita tentang pembegalan ini. Banyak yang nyawanya meregang karena dibegal. Dan baru2 ini terjadi pembegalan sekitar kompleks tempat aku tinggal. Seorang wanita muda yg pulang Dr kerja tengah malam terpaksa meregang nyawa. Dan itu yg membuatku bergidik sekaligus ngeri!

    Sebagai mahasiswa yg puxa kelas malam, dan kegiatan ekstrakurikuler hingga malam, BEGAL sangat mengganggu dan mengusik kedamaian ku.
    Aku harap kasus ini cepat diselesaikan.

    Thanks kak 🙂

    Wish me luck 🙂

    Like

  22. ailina
    @ailina85
    probolinggo

    Hal yang dapat mengusik kedamaian saya adalah ketika ada yang mengganggu anak-anak saya. Bahkan ketika ada berita yang mengancam keamanan anak-anak, saya langsung merasa bahwa saya harus melindungi anak-anak saya dengan segenap kekuatan saya. Saya rasa semua ibu kayak gitu yah. Semacam lebay kalo ada yang mengancam anak-anaknya.. ^_^

    Like

  23. Fitra Aulianty
    @fira_yoopies

    Hal yang dapat mengusik kedamaianku adalah perasaan terusik itu sendiri. Ketika aku sedang mengerjakan sesuatu lalu pikiran negatif timbul, “Apakah ini memang layak aku kerjakan?” atau “Harusnya aku gak pernah ngerjain ini.” padahal pekerjaan yang aku kerjain itu halal, walaupun agak berat. Lebih kepada hobi memang, dan agak aneh juga soalnya aku beneran solo karier(?). Tapi tiap lagi menikmati ngerjain sesuatu, pasti ada itu sesuatu yang mengusik. Kadang malah kalau lagi mau tidur tiba-tiba kebayang yang aneh-aneh. Jadi ya aku ngerasa aneh padahal aku gak ngerjain yang aneh, jadi itu terlalu merusak kedamaian dan target masa depan

    Like

  24. NAMA : Agnes Evelyn
    DOMISILI : Bekasi
    TWT : @chminhassi
    IG : @agnesevelyns
    LINK SHARE : https://twitter.com/chminhassi/status/798392961688096768
    JAWABAN :
    Saya tipe orang mudah sirik dan menggibah sesuatu yang tidak bisa saya lakukan atau saya milikki. Saya tahu itu kekurangan, dan saya sulit sekali mengendalikan kekurangan saya tersebut. Oleh karena itulah yang mengusik kedamaian saya secara pribadi. Saya suka memilikki banyak teman, tapi saya tidak suka kalau mereka memilikki kelebihan yang lebih dari saya. Saya kurang suka kalau mereka—terkadang—memilikki nasib yang lebih baik dari saya. Saya merasa sangat terusik ketika melihat mereka yang demikian. Saya iri, sirik, kemudian mulai menggibah dengan mencari-cari kekurangan mereka. Dalam hati berniat ingin bersyukur atas diri sendiri, namun yang berlanjut adalah dosa. Hal itu lah yang sangat mengusik kedamaian saya. Saya ingin damai dari hal-hal tidak bisa melihat orang lain bahagia. Tapi sulit. Itulah yang mengusik kedamaian saya.

    Like

  25. Nama : Jawahirul arifah
    Akun twitter : @jawarifah
    Domisili : Kudus
    Link share : https://twitter.com/jawarifah/status/798426912737652736

    Jawaban : hal yg mengganggu kedamaianku itu kalo ada motor yg ngeluarin suara yg cetar membahana, yang berisik kenceng itu lho kak pokonya *gatau apa namanya *. Kenapa bisa ganggu kedamaianku? Karena suara itu biasanya identik sama remaja nakal atau yg suka main balapan motor ilegal. Udah gitu suara brisiknya bisa ganggu konsentrasi dan ganggu bayi yg lagi tidur, terus kaget dan nangis gitu ka. Intinya, suara motor yg keras itu merupakan polusi udara yg menggangu.

    Sekian dan terima kasih.

    Like

  26. Nama : Kusmiati
    Twitter : @RabenChan
    LinkShare : https://mobile.twitter.com/RabenChan/status/798355843297067008?p=v

    Hal yang membuat kedamaian saya terganggu adalah kebahagiaan orang lain. Ada dua hal yang terjadi ketika Kebahagiaan orang lain sampai ke telinga dan hati kita. Pertama, rasa bahagia yang sama. Kedua, rasa iri. Sudah sifat dasar manusia memang, bahkan kesedihanpun begitu mengganggu. Namun, berhubung saya juga manusia yang memiliki empati, rasanya kebahagiaan orang lain begitu mengusik dan menggelitik hati di banding kesedihan. Seperti yang di sampaikan di awal, rasa bahagia yang sama akan muncul, terlebih lagi jika orang itu mempunyai arti di dalam hidup kita. Dan untuk tahap selanjutnya, pengandaian seperti ‘ah, andaikan aku juga seperti itu.’ mengidentifikasikan rasa iri yang buram. Namun rasa iri ini akan semakin besar jika orang yang di andaikan itu negatif di mata kita.

    Like

  27. Maria Elsa
    xoxoelsa

    Pertanyaan: Kekerasan Seksual adalah salah satu hal yang dapat mengusik kedamaian, beritahu aku apa hal yang dapat mengusik kedamaianmu dan sertakan alasannya.

    Jawaban: 1. Mencampuri hidup pribadi aku/ usik kehidupan aku. Aku orang yg bisa di bilang cukup tertutup meskipun sering org bilang gampang bergaul, dan humble tetep kalau ada masalah atau apapun itu aku jarang cerita ke org kecuali org tersebut emg bisa aku percaya bgt baru aku bisa terbuka dn bercerita.
    2. Kebisingan, Saaangat mengganggu bgt kedamaian aku saat lgi baca buku atau serius dlm hal yg aku kerjain terus tiba2 kebisingan tercipta >_< bawaannya udh keluar tanduk gitu soalnya kesel ditahan.

    Like

  28. Nama: Salimah Isnaini Azzahroh
    Akun twitter: @salimah_IA
    Link share: https://twitter.com/salimah_IA/status/798609429516038144
    Jawaban:

    Karena saya tinggal di asrama, maka saya akan sedikit menerangkan tentang “hal yang dapat mengusik kedamaian” versi saya.
    1. Ketika sedang tidur pulas dan saat itu sedang datang bulan, tiba-tiba saja ada yang mengganggu tidur, entah membangunkan atau membuat kebisingan, apapun yang menyebabkan bangun (kalau nggak bangun ya nggak mengusik :v). PLEASE, jika saya melakukan hal tersebut, itu artinya saya sedang lelah. Entah lelah fisik maupun jiwa, dan saya butuh waktu untuk beristirahat, melepas kepenatan. Oleh karenanya, saya sangat terganggu dengan hal tersebut.
    2. Hal yang berbanding terbalik dengan poin (1), yaitu ketika tidur dan tidak ada yang membangunkan baik untuk beribadah maupun melakukan kegiatan yang positif lainnya. Karena kita tinggal bersama dalam satu atap, seharusnya kita semua bisa saling memberi perhatian bahkan untuk hal remeh macam ini.
    3. Ketika ada yang sedang mendapatkan masalah, tetapi orang lain bersikap cuek atau bahkan berpura-pura tidak peduli. Tolong, saya sangat sensitif untuk masalah ini. Kenapa? Karena seseorang yang sedang mendapatkan masalah itu sanagt membutuhkan sandaran, oleh karena itu, harus ada setidaknya satu atau dua dari kita yang membantunya untuk menjadi tempat bersandar, sehingga orang yang kesusahan itu tidak perlu melampiaskannya kepada hal-hal yang negatif (hal ini sering terjadi di asrama saya).
    Mungkin cukup ini saja, sebenarnya jika di-list mungkin jumlahnya lebih banyak dan lebih masuk akal, tetapi yah, saya hanya menuliskan apa yang terlintas di otak saya, jadi beginilah hasilnya, hehe xD

    Like

  29. Nama: Amelia Shinta Herdiana
    Twitter: @amlshnt
    Link share: https://twitter.com/amlshnt/status/798607632164474880

    Jujur, hal yang dapat mengusik kedamaianku adalah rasa cemas. Aku gampang sekali cemas akan sesuatu bahkan karena hal-hal kecil sekalipun, sampai berlarut-larut. Biasanya kalau sudah begitu aku sering jadi overthinking sendiri dan merasa putus asa. Berlebihan banget ya kayaknya? Tapi itu memang benar kualami dan kecemasan itu seringkali berdampak pada kesehatanku—secara fisik maupun mental—aku jadi insomnia, mual membayangkan masa depan dan juga hal-hal yang mungkin akan terjadi di depan sana, stress… stress… stress… Hingga terkadang rasanya ingin mati saja. Bukan sekali ide mengakhiri hidup itu pernah terlintas.

    Like

  30. mariyam
    @mariyam_elf

    salah satu hal yg mengusik kedamaianku adalah pendapat dari kluargaku sndri ttg apapun yg aku lakukan. gak ada yg bisa ngerti hobiku yg baca novel dan koleksi novel, bahkan saat aku dpat terbit gratis utk novelletku, keluargaku msh sma sja. ya hampir semua anggota kluargaku menganggap apa yg aku lakukan hanya sia”. sampai” beberpa wktu lalu aku sempat berpikir mau kabur dari rumah 😦

    Like

  31. Nama: Alfath
    Twitter: @alfari_12
    Link: https://twitter.com/alfari_12/status/798802998516273153

    Banyak hal yang dapat mengusik kedamaian, tapi satu hal yang paling mengusik yaitu ketidakjujuran. Peserta ujian yang berbuat curang, pegawai negeri yang ‘masa bodoh’ merugikan warga sipil padahal mereka digaji dari masyarakat, reporter dan wartawan yang curang dalam menampilkan berita, dan tentu saja siapa saja yang tidak berani berkata jujur padahal memiliki status yang strategis.

    Like

  32. Nama: Desi Tri Rahmawati
    Twitter: @zahradessy
    Link share: https://twitter.com/zahradessy/status/798948599258173440

    Hal yang dapat merusak kedamaianku adalah, kalau ada seseorang yang memaksaku untuk melakukan hal yang nggak kusukai. Misalnya, perjodohan. Aku tau kalau umurku sudah saatnya untuk menikah, tapi aku paling nggak suka kalau dipaksa memikah dengan jalur dijodohkan. Itu membuatku sangat tertekan dan stress. Kedamaianku langsung lenyap. Dan rasanya aku ingin pergi ke tempat yang jauh, di mana nggak ada lagi pemaksaan terhadapku.

    Like

  33. Nama : Syafira Rofita Riski
    Twitter : @rofita_syafira
    Link Share : https://twitter.com/rofita_syafira/status/799000825087434752
    Domisili : Pare, Jawa Timur

    Pertanyaan : Kekerasan Seksual adalah salah satu hal yang dapat mengusik kedamaian, beritahu aku apa hal yang dapat mengusik kedamaianmu dan sertakan alasannya.

    Jawaban :

    Bismillah,
    Aku ngerasa kedamaianku keusik waktu aku dibanding-bandingin sama seseorang. Aku ngak suka, entah kenapa emang aku keganggu banget. Aku ngerti kalo setiap orang punya kekurangan bahkan kelebihan sendiri-sendiri. Tapi, ngebanding-bandingin seseorang itu secara ngak langsung orang yang ngebandingin kita itu nyuruh, bahkan ngehasut kita supaya berubah jadi kaya orang yang jadi bandingannya kita menurutku. Ngak perlu lah, banding-bandingin orang lain. Rasanya dibanding-bandingin itu ngak enak, apalagi dibandingin sama orang yang lebih dari kita. Kenapa aku tau rasanya ngak enak? karena emang aku udah pernah ngalamin -__- dan sampe sekarang aku masih inget jelas gimana dia ngebanding-bandingin aku -_-. Yah meskipun emang aku kalo dibanding-bandingin kebanyakan diem, senyum kecil, tapi didalem hatinya nyess banget dan aku bakalan inget lama banget kejadian itu. Dulu, setelah dibanding-bandingin besoknya ngefek ke aku. Ngak tau kenapa aku ngerasa aneh banget waktu nglewatin kegiatan-kegiatan apapun, kaya ada yang janggal, Alhamdulillahnya ngak kebawa rasa janggal itu sampe sekarang hehe :). Jadi, aku juga kasih saran, ngak usahlah kita ngebanding-bandingin seseorang, karena kita juga ngak bakalan tau efek samping yang kita lakuin itu apa nanti keorang yang bersangkutan :’)

    Sekian 🙂

    Like

  34. Kejora Anaphalisia
    @anaphalisia

    Yang mengusik kedamaian? Barangkali kalau sering diajakin keluar sementara saya penginnya cuman di kamar baca buku. Ada di tengah-tengah keramaian sementara saya musti berinteraksi juga dengan mereka. Wajar memang, saya introvert, jadi hal-hal yang kayak gitu serasa bikin saya tercekik. >_<

    Like

  35. Nama: Aulia
    Twitter: @nunaalia
    Link Share Giveaway: https://twitter.com/nunaalia/status/799076805529374720

    Kekerasan Seksual adalah salah satu hal yang dapat mengusik kedamaian, beritahu aku apa hal yang dapat mengusik kedamaianmu dan sertakan alasannya.

    Orang yang merokok di sekitarku, apalagi saat di dalam angkot. Bayangkan saja di dalam angkot yang kecil dan penuh, ada yang merokok, aduuuuhhh paling kesal banget!! Asap rokoknya itu loh langsung bikin hidung & tenggorokan langsung nggak nyaman! Aku paling benci deh sama perokok, mereka tuh orang yang paling tidak perduli dengan orang lain. Mungkin mereka pun nggak perduli dengan diri mereka sendiri, buktinya rokok yg sudah di warning berbahaya bagi kesehatan, tapi masih saja dihisap. Kadang mereka pun sudah batuk-batuk dan bengek karena rokok, tapi tetap saja nggak mau berhenti merokok.
    Berharap sih pabrik rokok tuh ditutup biar tidak ada lagi rokok di Indonesia. Dengan begitu orang Indonesia bisa lebih sehat dan akan lebih kreatif berkarya yg dapat lebih membawa manfaat bagi negeri ini.

    Like

  36. Nama : Surisma Agustiani
    Twitter : @RAgustiiani
    Link : https://twitter.com/RAgustiiani/status/799198083552714754?s=01
    Jawaban :

    Simple. Ketika tiba-tiba orang yang kita tidak sukai mengusik ketenangan kita. Pengganggu sama si pembawa bahaya mereka beda tipis loh, seperti halnya dia [orang ketiga] yang hadir, dan ditakdirkan menjadi pengganggu dihubungan kita yang dimana akan menjadi hal yang lebih membahayakan ketibang mengganggu. Sederhananya sih untuk ukuran mengganggu, ketika kita menginginkan suasana yang sunyi dan tenang tiba-tiba si penganggu datang membuat kerusuhan. Hal kecil yang juga berdampak besar bagi kita yang tidak menginginkannya.

    Like

  37. Nama : Shelly Ferawati
    Twitter : @shelly_fw
    Link Share : https://twitter.com/shelly_fw/status/799200364562038784
    Jawaban : Salah satu hal yang mengusik kedamaianku adalah energi negatif. Zaman sekarang rasanya mudah sekali menjumpai status/pernyataan/tindakan yang mengandung unsur kebencian, permusuhan, dan lain sebagainya. Sebut saja hate speech, misalnya. Atau semua hal yang terkait galauisme, depresi, dan lain-lain. Hal-hal seperti itu sangat saya sayangkan. Hal tersebut terkait prinsip hidup saya yaitu menyebarkan energi positif. Saya percaya bahwa semua masalah/semua hal bisa dilalui (atau setidaknya diminimalisir) tanpa harus menyebarkan energi negatif. Prinsip ini juga saya pegang teguh untuk mengingatkan diri saya sendiri juga orang-orang di sekitar saya bahwa menyebarkan energi negatif hanya akan mendatangkan kerugian. Kalaupun saya menyimpang dari prinsip saya ini, saya bersedia untuk diingatkan sekaligus juga akan sangat berterima kasih. Setiap manusia wajib saling mengingatkan kebaikan, kan? Sekian.

    Like

  38. Nama : Abe
    Twitter : @abe125_
    Link share : https://twitter.com/abe125_/status/799333749825507328

    A : hal yang paling mengusik kedamaian hidupku adalah ketidakteraturan orang-orang. Alias orang-orang yang suka berantakin barang-barang. Dari yang umum sampe barang pribadi. Aku nggak suka aja sm orang yang asal naruh sesuatu atau asal membuang sesuatu. Nggak enak dilihat dan ngeselin. Karena biasanya ada di tempat A tau-tau berubah di tempat G terus nanti ribut, bikin badmood seharian. Makanya orang2 jenis begitu sangat mengganggu kedamaian hidupku.

    Like

  39. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Link: https://twitter.com/anabahtera/status/799580477208215553
    Jawaban:
    “Kekerasan Seksual adalah salah satu hal yang dapat mengusik kedamaian, beritahu aku apa hal yang dapat mengusik kedamaianmu dan sertakan alasannya”

    Hal yang mengusik kedamaianku adalah gunjingan orang akan hal yang tidak aku lakukan. Aku sangat tidak nyaman akan penilaian orang terhadapku yang sebenarnya tidak sesuai dengan apa adanya aku. Apalgi orang tersebut sampai membesar-besarkan masalahnya dan tidak mencari tau yang sebenarnya kepadaku tapi terus menggunjingku kepada yang lainnya.

    Like

  40. Nama : Rani W
    Twitter : @raniwidiyansyah
    Link Share : https://mobile.twitter.com/raniwidiyansyah/status/799788234704187392?p=v

    Hal yang mengusik kedamaianku adalah disaat seseorang mulai mengungkit-ungkit masalalu tentangku. Itu sangat mengganggu banget, suer deh. Ibaratnya, aku udah jalan kedepan, orang itu malah narik aku balik ke belakang. Apalagi saat ngungkit-ngungkit kesalahan lama yang bahkan aku sendiri udah lupa, itu beneran bikin keki abis. Masalalu ya masalalu, nggak usah di bahas lagilah kalo nggak ada yang bermanfaat, toh aku juga pasti jadiin pelajaran tanpa harus di bahas lagi.

    Like

  41. Nama : Vaneeza Sevira Aulia
    Twitter : @dakestfair
    Link : https://twitter.com/darkestfair/status/799884660163514369

    Apa yang paling menganggu kedamaianku? Yaitu menyimpan kebencian. Kebencian adalah hal paling tidak menenangkan di dunia ini. Di mana kita selalu memikirkan setiap hal-hal yang membuat kita membenci sesuatu. Mendengar namanya, teringat sesuatu yang berkaitan dengan dia, selalu membuat kebencianku kembali muncul.
    Aku menjadi tidak damai karena saat seseorang yang aku benci lebih tinggi dari aku, saat dia ada di depanku , maka aku terusik. Aku ingin lebih tinggi, aku ingin seseorang yang aku benci berada di bawahku dan jauh dar hadapanku. Dan saat aku bertemu dnegannya, hatiku tidak tenang, aku selalu ingin sesuatu terjadi padanya yang membuat dirinya benar-benar lenyap dari hadapanku. Dan benar, kebencian adalah hal paling mengganggu pada kedamaianku.

    Like

  42. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta https://twitter.com/RiniCipta/status/799887663100665860

    Paling nggak nyaman sama orang yang nggak ngerti sama privacy. Pokoknya aku akan merasa sangat terusik kalau ada orang yang mengganggu privacy ku.bisa dikatakan, aku cukup introvert jadi nggak terbiasa untuk mengumbar-umbar segalanya. Contoh sederhana yang mengusik kedamaianku, pas di kosan tiba-tiba si tetangga nyelonong masuk kamar tanpa ijin. Trus juga sikap yang kepo berlebihan, berusaha jadi stalker.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s