Book Review : Mahardikans oleh Resti Dahlan

34750986.jpg

RATING : ★★★★☆

Stories :

Mahardikans menceritakan tentang  kehidupan SMA Kekey yang terpaksa satu sekolah dengan musuh bebuyutannya. Kehidupan SMA yang seharusnya menyenangkan serasa menjadi mimpi buruk baginya. Dia dikerjai habis-habisan oleh Elgo, belum lagi fakta bahwa dia berteman dengan kubu musuh Elgo yaitu Arky, dkk semakin membuat Elgo meradang.

Bisakah Kekey menghadapi kesulitan-kesulitan yang diciptakan oleh Elgo ?

Baca kelanjutannya dalam ‘Mahardikans’

Read More »

Advertisements

Book Review : Stasiun oleh Cynthia Febrina

18080486.jpg

RATING : ★★★☆☆

Penerbit : Plotpoint
Tahun terbit : 2013
Jumlah Halaman : 171 halaman
Harga : –
ISBN : 978-602-9481-36-5

Stories :

Adalah Adinda, seorang gadis yang terbilang ‘pendatang baru’ di Stasiun Bogor. Dinda terpaksa menempuh jarak Bogor-Jakarta dengan kereta api, sejak kandasnya hubungannya dengan Rangga. Sejujurnya Dinda merasa, kereta api bukanlah transportasi yang nyaman. Bahkan seandainya bisa, ia lebih memilih naik taksi yang tarifnya lumayan dibandingkan naik kereta.

Adalah Ryan, sang ‘anak kereta’ sejati yang telah menghabiskan banyak hari-harinya di Stasiun. Bertemu dengan para pedagang kios, ngobrol dan Stasiun pun menjadi saksi, saat ia kehilangan sahabatnya.

Tiap pagi mereka menunggu kereta di peron yang kadang berbeda  Tapi jalur yang sama memungkinkan langkah dan hati mereka bertautan.

Baca kelanjutannya dalam ‘Stasiun’ !


Something (+) and (-) From “Stasiun” :

Awal aku melihat buku ini, aku punya ekspektasi yang tinggi akan ceritanya. Aku suka covernya yang cerah, ilustrasi cover yang menarik dan secara personal aku suka dengan setting tempat utama di buku ini, Stasiun. Dan kotanya, yaitu Bogor.

Aku berpikir Stasiun ini akan menjadi tempat bertemunya dua sejoli, tapi nyatanya aku tak sepenuhnya benar, meski juga tak sepenuhnya salah.

Buku ini menceritakan tentang dua tokoh utama yang ternyata berdiri sendiri. Aku agak lelah menantikan kapan mereka akan bertemu, yang akhirnya terjawab di halaman-halaman terakhir.

Antara bab yang satu dengan yang lainnya terkadang tidak berkaitan, sehingga karakter menjadi abu-abu dan agak sulit memiliki keterikatan dengan para tokoh.

Penulis sepertinya agak condong ke arah sastra lama melihat dari gaya bahasa berceritanya. Sejauh membaca, aku masih menikmatinya.

Akhir ceritanya terlalu diburu-buru, aku tak diberi kesempatan untuk membangun chemistry dengan dua tokoh ini.

Obrolan-obrolan di Stasiun mengenai kehidupan, merupakan salah satu bagian favoritku dalam buku ini.

Stasiun bukanlah tipe buku yang menyimpan kejutan, tapi ringan dan cukup menghibur.

For sentimental reason, i like this book 😉


Quotes :

Sometimes it scares me that time flies and nothing changes (Hal 44)

Mungkin melalui lukisan , kita dapat berjuang. Membuat yang hampir terlupa kembali diingatkan. Menghidupkan kembali hal-hal kecil yang dimatikan (Hal 89)

Perasaan kehilangan adalah yang paling bajingan setelah pengharapan (Hal 124)

 tiaraorlanda ♣

Book Review : Jingga untuk Matahari oleh Esti Kinasih

33535943

RATING : ★★★★☆

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2017
Harga : –
Jumlah halaman : 448 halaman
ISBN : 978-602-03-3723-4

Stories :
Setelah sekian lama berdamai dengan kehilangan saudara kembar beserta ibunya, Ari akhirnya kini mendapatkan semangatnya kembali.

Penemuan rumah masa kecilnya dan obrolan panjang dengan Tante Lidya akhirnya membawa Ari bertemu mamanya dan Ata. Hal yang selama ini jauh dari bayangannya.

Setelah akhirnya mama dan Ata memutuskan pindah ke Jakarta, Ari pun merasa seperti mendapat lebih banyak lagi suntikan semangat.

Akhirnya dia akan berkumpul lagi bersama mama dan Ata. Sayangnya Ari melupakan, perpisahan sembilan tahun dengan Ata bukan lah waktu yang sebentar. Sembilan tahun adalah waktu yang cukup untuk memupuk luka dan mungkin kesalahpahaman menjadi semakin mengakar, menjadi benci.

Simak kelanjutan kisah mereka dalam “Jingga untuk Matahari” !

Read More »

Book Review : Jingga dalam Elegi oleh Esti Kinasih

10421390

RATING : ★★★★☆

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2011
Harga : –
Jumlah Halaman : 392 Halaman
ISBN : 978-979-22-6647-4

Stories :

“Jadi, siapa yang udah bikin lo nangis waktu itu? Angga bukan? Kok gue belum denger pengakuan elo nih?” tanyanya, menciptakan desir hawa dingin yang membuat tubuh Tari menggigil

Bengkaknya mata Tari hari itu membuat Ari jadi penasaran, sebenarnya apa hanya karena Ari menghapus nomor Ata ataukah ada sebab lain, ataukah karena Angga.

Sementara Tari yang mulai nyaman dengan Ata yang sifatnya sangat bertolak belakang dengan Ari, merasa menemukan pengganti Angga dan makin merasa aman dengan Ata. Tari pun curhat panjang lebar dan menjadikan Ata ‘sandaran’ untuknya.

Ari yang menyadari siapa saingannya sekarang, semakin mencak-mencak. Dia memutuskan memberi tahu Tari sesuatu rahasia.

Baca kisah mereka selengkapnya di “Jingga dalam Elegi” !

Read More »

Book Review : Jingga dan Senja oleh Esti Kinasih

7717066.jpg

RATING : ★★★★☆

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2010
Harga : –
Jumlah Halaman : 312 Halaman
ISBN : 978-979-22-5431-0

Stories :

Pada cewek yang selama hampir satu jam ini telah dilindunginya dari panas matahari, Ari menatapnya sesaat kemudian melangkah pergi. 

Pada tubuh tinggi dibalut kemeja yang kini basah kuyup karena keringat, yang telah melindunginya dari panas matahari selama hampir satu jam tadi, Tari terus menatap kepergiannya dalam ketersimaan.

Tari, gadis penggila warna orange itu resmi memasuki SMA Airlangga hari ini. Takdir mempertemukannya dengan Ari, si pentolan sekolah yang ternyata kebetulan bernama sama dengannya. Upacara yang seharusnya menjadi hal yang biasa saja itu pun, ternyata menjadi titik balik kehidupan Tari dan merubah hari-hari Tari selanjutnya di SMA Airlangga !

Tak hanya pertemuannya dengan Ari yang mendadak merubah hari-harinya, tapi nampaknya takdir sedang bermain-main dengan kehidupan Tari hingga Tari bisa terjebak di situasi genting saat tawuran SMA Airlangga dengan SMA Brawijaya. Yang juga menyebabkannya bertemu dengan pentolan Brawijaya, Angga.

Harapan ini adalah harapannya yang terbesar
tapi akan menjadi yang paling menghancurkan seandainya tidak terjadi
Dia memohon, dengan seluruh darah yang mengalir dalam tubuhnya

Ari yang selama ini terkenal dingin pada cewek mendadak berusaha mendapatkan Tari dengan segala cara. Bahkan dengan cara yang tanpa Ari sadari telah membuat Tari semakin ingin menjauhinya.

Baca selengkapnya di ‘Jingga dan Senja’ !

Read More »

Book Review : 100 Jam oleh Amalia Suryani dan Andryan Suhardi

download

RATING : ★★★★☆

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2007
Harga : –
Jumlah Halaman : 232 Halaman
ISBN : 978-979-22-3138-0

Stories :

Ia sudah besar. Padahal rasanya baru kemarin ia datang ke panti ini dengan berselimut kain tipis saat kebun melatiku bermekaran.

Namanya Jasmine, tanpa nama belakang. Sebab dengan satu kata itu saja, namanya sudah menyiratkan banyak makna termasuk sejarahnya. Setiap tahun ia selalu menunggu datangnya tanggal 29 Februari karena hari itulah ia dilahirkan. Apabila tahun itu tidak memiliki tanggal 29, Jasmine akan menuliskannya sendiri, memaksakan adanya tanggal kelahirannya di kalender tersebut.

Sayangnya menjelang ulang tahun yang dinanti-nantikannya, Jasmine malah melakukan kenakalan-kenakalan yang membuat ia terpaksa dihukum oleh Bu Meynar. Dan kali ini hukumannya berbeda, ia dihukum mengajar selama 100 jam di sekolah kolong jalan tol ! Belum lagi hal itu membuatnya terpaksa menerima tantangan lain dari musuh bebuyutannya di sekolah.

Bagaimana selanjutnya kisah petualangan Jasmine di sekolah kolong jalan tol ? Baca kelanjutannya di 100 Jam !

Read More »

Book Review : My Friends, My Dreams oleh Ken Terate

16072172

RATING : ★★★★☆

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2012
Harga : –
Jumlah Halaman : 240 Halaman
ISBN : 978-979-22-8344-0

Stories :

Sumpah! Gue nggak ingin bangun pagi. Gue nggak ingin melihat hari ini. Baru hari ini ada kejadian tas baru nggak bikin mood gue happy.

Marcella merasa dikirim ke pulau terpencil ketika keluarganya memutuskan pindah ke Jogja. Dia terpaksa berpisah dengan teman-teman genknya, terpaksa putus dengan Kevin dan terpaksa rela kehilangan butik-butik keren di Jakarta. Belum lagi ternyata sekolahnya di Jogja kampungan dan norak abis !

Aku tersenyum sendiri. Inilah keputusan terbaik yang pernah kubuat, sekolah jauh dari rumah. Aku bisa membuang semua kenangan lama yang tidak menyenangkan. Aku bisa jadi aku yang baru.

Wening tumbuh di Gunung Kidul, daerah pegunungan di pinggiran timur kita Jogjakarta. Tak punya prestasi apapun untuk dibanggakan dan hal apa pun untuk ditonjolkan. Kuper, rendah diri dan penyakitan. Untuk itulah ia datang ke Jogja dengan segepok impian bisa menjadi dirinya yang baru yang populer dengan masuk ke lingkungan baru.

“…Mama dan Papa udah mulai sidang perceraian. Aku ingin disana. Siapa tau bisa berubah, belum telat, kan?”

Joy cewek 15 tahun yang akhirnya memutuskan memilih Jogja sebagai “tempat pelarian’ dari kedua orangtuanya yang hendak bercerai. Salah satu obsesinya adalah punya pacar.

Ketiganya bertemu di Jogja dengan obsesi dan cerita yang berbeda. Mereka mulai bersahabat meski awalnya tak mudah. Ketiganya saling bantu dan berusaha saling mendengarkan satu dengan lainnya. Banyak cerita bergulir selama satu semester. Wening yang terserang sesak nafas di lapangan basket, Marcella yang membuat model rambut Joy semakin parah, dan cowok yang sangat disukai Joy malah naksir Marcella.
Mampukan mereka menjaga persahabatan mereka ?

Baca kelanjutan kisah mereka di My Friends, My Dreams !Read More »

Book Review : 3 (tiga) oleh Alicia Lidwina

25792211

RATING : ★★★★☆

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2015
Harga : Rp 75.000
Jumlah Halaman : 320 Halaman
ISBN : 978 – 602 – 03 – 1677 – 2

Stories :

“Selama seseorang masih memiliki sesuatu untuk diperjuangkan, dia tidak akan bunuh diri. Kecuali jika memang bunuh diri adalah satu-satunya cara mempertahankan apa yang dia perjuangkan.”

Berita itu datang mendadak. Dalam 24 jam aku sudah berpakaian serbahitam. Tangan kananku memegang juzu sambil mengucapkan kalimat menenangkan berulang kali dalam hati. Aku tidak pernah bisa terbiasa menghadiri pemakaman.

Pemakaman ini membawaku bertemu kembali dengan Sakamoto. Membawaku kembali berhadapan dengan masa laluku. Bersama kami lantas memunculkan kembali kenangan-kenangan indah persahabatan semasa dulu. Sebelum berpisah.

Hashimoto Chihiro, sahabat kami telah meninggal dunia. Kematiannya diduga karena bunuh diri, melompat dari atap gedung. Tak kusangka setelah berpisah selama tujuh tahun, seperti inilah pertemuan kami kembali.

Hashimoto meninggalkan pesan kematian berupa angka 3 yang digoreskan dengan lipstik. Aku mencoba menerkanya. Kami mencoba. Sesungguhnya aku tak percaya Hashimoto bisa mengakhiri hidupnya dengan cara ini. Apa yang sebenarnya ia pikirkan ?

Bermacam tanda tanya muncul di kepalaku hingga akhirnya Hashimoto datang untuk menagih janji yang dulu seharusnya kami wujudkan bersama.

Simak kelanjutannya dalam 3 (tiga) !

Read More »

Book Review : Falling oleh Rina Suryakusuma

Started : 03 Oktober 2016 – Finished : Oktober 2016

25118916.jpg

RATING : ★★★★☆

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2015
Harga : – (Baca di Aplikasi iJakarta)
Jumlah Halaman : 320 Halaman
ISBN : 978 – 602 – 03 – 1461 – 7

Stories :
Carly, seorang karyawan ODP (Organizational Development Program) yang baru saja mendapat keputusan bahwa dirinya akan dimentori oleh Maggie, seorang atasan yang terkenal galak dan sangat gila kerja lagi perfeksionis. Bahkan ada orang di kantornya yang terang-terangan bertaruh bahwa Carl tidak akan tahan dan segera mengundurkan diri.

Dengan maksud membuktikan pendapat-pendapat merendahkan itu salah, Carl makin bersemangat walaupun nyatanya hari pertama menjadi bawahan Maggie tidak berlangsung baik. Carl melakukan banyak kesalahan dan terpaksa mengulang seluruh pekerjaannya. Tak hanya letih, Carl juga agak sakit hati saat

Read More »

Book Review : Tiga Bianglala oleh Misna Mika

Started :  02 Oktober 2016 – Finished : Oktober 2016

18743458

RATING : ★★★★☆

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2013
Harga : – (Baca di Aplikasi iJakarta)
Jumlah Halaman : 304 Halaman
ISBN : 978 – 979 – 22 – 9919 – 9

Stories :
Tiga Bianglala bercerita tentang kehidupan seorang anak kecil bernama Itut yang tinggal di Kampung Bala, pinggiran kota Palembang. Ia tinggal di rumah sempit dan hidup sangat miskin dengan kelima orang saudara serta ayah ibunya.

Setiap hari dia bersekolah dan bermain bersama sahabat baiknya, Manna. Berdua mereka melakukan kegiatan juga kenakalan bersama. Mencuri mangga, menyewa sepeda, hingga berjualan es bungkus.

Seiring berjalannya waktu, Meimei yang merupakan teman sekolah mereka juga akhirnya memasuki pertemanan mereka dan mereka jadi bersahabat bertiga. Dari situlah ide memberi nama Tiga Bianglala muncul.

Itut dengan kehidupannya yang miskin dan semakin susah sejak ayahnya meninggal dunia, Manna yang sering dimarahi oleh nenek tirinya serta tak bisa tinggal bersama sang ayah lantaran selalu dibenci oleh si ibu tiri juga Meimei yang dianggap aneh karena etnisnya yang berbeda. Bertiga mereka saling menguatkan dan saling memberi semangat. Berjanji selalu

Read More »